Senin, 21 Oktober 2019 | 04:44 WIB



Berita Foto

Kongres Forum Humas BUMN 2019 : Kunjungan ke Gedung Sate, Bandung

Jumat, 15 Maret 2019 | 01:24 WIB - by Ferr,tarungnews.com - 244 pembaca

Lintas Jabar,TarungNews.com -  Kongres Forum Humas (FH) BUMN 2019 memasuki hari ke-2, setelah Rabu kemarin (13/3) sukses digelar di Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat. Hari ini, 300 peserta Kongres Forum Humas BUMN 2019 melanjutkan acara dengan berkunjung ke salah satu landmark kota Bandung, Gedung Sate.

Tiba di Gedung Sate, para peserta Kongres disambut oleh Ir. Hermansyah, Msi., Ketua Biro Humas dan Keprotokalan dan Noneng Komara Nengsih, SE., MAP, Kepala Biro BUMD dan Investasi Provinsi Jawa Barat.

Ketua Panitia Munas dan Kongres Forum Humas BUMN 2019, DR. N. Nurlaela Arief menyampaikan dalam kata sambutannya, “Forum Humas BUMN memilih Bandung untuk melaksanakan Munas dan Kongres karena Bandung merupakan pusat dari historical dan legacy dari Pemerintah Indonesia. Bandung juga merupakan lokasi yang sangat kondusif bagi kami menjalankan Munas dan Kongres ini.”

Lanjut DR. N. Nurlaela terkait tema besar Kongres FH BUMN “Hadapi Tantangan Humas di Masa Depan”, bahwa di era Artificial Intelligence sekarang ini, humas harus dapat mengikuti perkembangan teknologi untuk dapat menyampaikan pesan dari perusahaan dengan baik.

Ir. Hermansyah menambahkan, “Tantangan sebagai pelaku humas adalah bagaimana menggunakan media sosial sebagai sarana berkomunikasi dengan  masyarakat luas. Tidak cukup hanya dengan media mainstream di pemerintahan,” Menurut Hermansyah, banyak kemudahan berkomunikasi bagi humas karena teknologi yang semakin maju. Tapi kewaspadaan harus tetap terjaga karena baik buruknya perusahaan atau institusi tergantung dari kepiawaian humas menyampaikan sesuatu tentang perusahaan atau institusi yang menaunginya.”

Noneng Komara Nengsih, SE., MAP menyatakan secara antusias mengenai potensi sinergi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan BUMN, terutama BUMN Pariwisata. “Dengan jumlah penduduk 49 juta jiwa, Pemprov Jawa Barat memiliki visi Jawa Barat Juara Lahir Batin. Namun saat ini, masalah terbesar adalah gap miskin-kaya yang cukup besar di provinsi ini. Kelebihannya, Jawa Barat memiliki sumber daya alam yang melimpah, apalagi di bagian wisata alam. Kami harap, sinergi dengan BUMN Pariwisata dapat terwujud.”

Acara berlanjut dengan penyerahan cendera mata dari FH BUMN kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kemeriahan Kongres semakin terasa lewat penampilan tari Kipas yang memikat dari PT Jamkrindo Group.

Pada kesempatan ini juga, Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat, diwakili  Azis Zulficar Aly Yusca menyuarakan kampanye humas dengan tagline “Diplomasi Kopi”. Azis mengungkapkan, “Kenapa kopi? Pada tahun 2016, kopi Puntang menjadi juara di kompetisi Specialty Coffee Association of America di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Jangan lupa bahwa sejarah menyatakan bahwa pada tahun 1711 ekspor kopi pertama di Eropa berasal dari Jawa Barat. Strategi kampanye humas adalah langsung berhubungan dengan masyarakat, salah satunya dengan menggunakan kopi. Selain sebagai komoditi perkebunan, kopi merupakan strategi penyampaian pesan.”

Azis Zulficar juga menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat jika ingin mengedepankan keunggulan rasa kopi Jawa Barat, publik harus dapat menggambarkan rasa kopi itu sendiri. Jadi, strategi penyampaian pesan yang diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah biarkan rasa kopi Jawa Barat yang bercerita, sehingga semakin berkembanglah coffee shop, festival kopi, hingga kampanye digital mengenai kopi di Jawa Barat.

“Pemprov Jawa Barat siap berinovasi dan berkolaborasi untuk mewujudkan visi Jawa Barat Juara Lahir Batin melalui media sosial. Salah satu program unggulan kami adalah Jawa Barat Cyber Hoax, akun Instagram Pemprov Jawa Barat yang bertujuan agar masyarakat tidak share informasi-informasi yang salah.”

Tentang Forum Humas (FH) BUMN

Berdiri pada tanggal 18 April 2007, FHBUMN merupakan organisasi profesi seluruh humas BUMN dan anak perusahaan yang dibentuk untuk mewujudkan pejabat Humas yang kompeten dan berdedikasi tinggi di lingkungan BUMN. Selain itu FHBUMN juga dapat menjadi sarana komunikasi, koordinasi, dan konsultasi guna meningkatkan kinerja dan profesionalitas para insan humas BUMN.

Memiliki visi menjadi ujung tombak dalam membangun citra dan reputasi BUMN sebagai Badan Usaha yang memiliki nilai dan daya saing kuat, Forum Humas BUMN memiliki misi sebagai berikut :

1        Melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan citra dan reputasi BUMN dalam mendukung kinerja BUMN.

2.        Meningkatkan profesionalisme unit kerja dan atau Pejabat yang menangani fungsi kehumasan .

3.        Melakukan usaha-usaha yang dapat meningkatkan peran BUMN terhadap masyarakat

4.        Menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keuletan, soliditas dan beretika.

Ferr,tarungnews.com