Daerah

Potensi Desa Harus Jadi Perhatian Pemprov Jabar

Senin, 4 Maret 2019 | 23:27 WIB - by dg/rjs,tarungnews.com - 115 pembaca

Lintas Jabar,TarungNews.com - Masyarakat Desa Cijeruk, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dapat memberikan motivasi bantuan terkait pengembangan potensi wisata.

Hal tersebut mengemuka dalam kegiatan Hearing Dialog Ketua DPRD Provinsi Jabar, Ineu Purwadewi Sundari, dengan masyarakat Desa Cijeruk, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, dengan tema “Pengembangan Potensi Desa Menuju Jabar Juara Lahir Batin”, Senin (4/3/2019).

Ineu menyatakan, dalam aspirasinya masyarakat Desa Cijeruk berkeinginan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, salah satunya potensi pariwisata berbasis pertanian.

”Sektor pertanian, perkebunan, hingga sampai pengembangan Bumdes merupakan potensi di Desa Cijeruk perlu dikembangkan,” kata Ineu.

Ineu optimis, pengembangan sektor pariwisata yang tengah dilakukan oleh masyarakat Desa Cijeruk dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Beberapa potensi wisata berbasis pertanian, hal ini dapat mendongkrak perekonomian masayarakat Desa Cijeruk,” ujarnya.

Selain dihadiri masyarakat sekitar Desa Cijeruk, acara tersebut dihadiri unsur Pemerintahan Provinsi maupun Kabupaten Sumedang. Ineu berharap hal tersebut dapat menjadi suntikan motivasi agar kondisi Desa Cijeruk menjadi perhatian pemerintah.

“Saya berharap, karena dalam kesempatan ini hadir juga dari OPD dari Provinsi dan Kabupaten Sumedang (Cijeruk) lokasinya yang jauh dari pusat kota bisa menjadi perhatian bersama” katanya.

“Saya berharap potensi wisata yang akan dikembangkan, dan akses yang dimiliki dapat terkoneksi dengan baik. Sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke Cijeruk,” tambah Ineu.

Ia menjelaskan, Pemprov Jabar saat ini tengah melakukan pembanguann daerah-daerah wisata, melalui desa-desa yang mandiri yang berkembang dan mampu bersaing. Untuk itu, pihaknya kedepan akan segera melakukan kordinasi dengan pihak terkait, guna menyelaraskan program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah.

“Kami akan berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, karena RTRW di Kabupaten Sumedang dan RTR di wilayah Cijeruk ini harus selaras dengan provinsi,” pungkasnya.

dg/rjs,tarungnews.com