• Sabtu, 20 April 2024

1.150 Penari Intensif Berlatih Menjelang Pembukaan PON XIX/2016

1.150 Penari Intensif Berlatih Menjelang Pembukaan PON XIX/2016 Sebanyak 1.150 penari pertunjukkan pembukaan PON XIX/2016 Jawa Barat berlatih intensif di Lapang Pussenif PPI Jalan Supratman, Kota Bandung, Kamis (11/8/2016) sore. (IAR)*

Lintas Jabar,TarungNews.com - Sebanyak 1.150 penari mulai intensif melakukan latihan menjelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. Di bawah arahan 20 pelatih dan 10 penata tari, para penari serius melakukan koreografi sesuai porsinya masing-masing. Hal itu terlihat saat latihan di Lapang Pussenif PPI Jalan Supratman, Kota Bandung, Kamis (11/8/2016) sore.

“Para penari yang disiapkan sudah lengkap on stage, semua sudah latihan bersama sejak sebulan terakhir,” kata Penata Tari Lalan Ramlan, di sela latihan. Anggota Tim 9 Bidang Upacara Regu Kerja Tari itu menambahkan, pekan depan akan bertambah 250 penari dari Wannabe Dancer Bandung yang saat ini tengah berlatih secara parsial. Dengan total 1.400 penari, kata Lalan, pertunjukkan tari akan menjadi lebih berwarna, mempertebal dan menambah keragaman gaya.

Latihan persiapan yang lebih intensif ini dilakukan 4 kali dalam sepekan. Lokasi yang menjadi tempat berlatih saat ini dinilai paling ideal meski masih terpaut sekira 7 meter dari space yang sesungguhnya yaitu lapang Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). “Mereka sudah siap. Kami maksimalkan lokasi yang ada dan intensifkan sebelum nanti berlatih di GBLA,” ujarnya.

Sekitar 35 hari menjelang pertunjukkan, terang Lalan, ribuan penari yang disiapkan itu sudah memahami space yang sebenarnya. Selain itu, mereka juga sudah memahami alur yakni gerak dari setiap segmen. Properti dan kostum yang akan dikenakan para penari juga sebagian sudah diperkenalkan.

“Yang terpenting dari persiapan ini adalah adaptasi musik. Mereka sudah mengikuti irama dan musik meski belum masuk tahap ekspresi karena masih ada detail koreografi yang mesti dituntaskan terlebih dahulu,” terang Lalan.

Menurut dia, rencananya sekira tanggal 6 September latihan akan dilangsungkan di GBLA. Nanti, di stadion megah kebanggaan warga Kota Bandung dan Jawa Barat ini latihan akan dilakukan secara menyeluruh. Tak hanya diiringi sound, melainkan berbarengan dengan multimedia, lighting hingga kostum dan properti. (IAR)

Pon-peparnas2016jabar.go.id

Editor : Wen,tarungnews.com

 

Bagikan melalui:

Komentar