Internasional

Temui Xi Jinping, Kim Jong-un Melawat ke China

Rabu, 9 Mei 2018 | 02:12 WIB - by Vie,tarungnews.com - 155 pembaca

Jakarta,TarungNews.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan telah berkunjung ke Dalian, China pada pekan ini untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

Laporan kantor berita Xinhua yang dikutip Reuters pada Selasa (8/5) menyebut Kim mengatakan kepada Xi bahwa dirinya berharap seluruh pihak terkait bisa mengambil langkah "bertahap" dan "tersinkronisasi" untuk merealisasi denuklirisasi dan perdamaian di Semenanjung Korea.

Xi menggelar jamuan dan mengatakan kepada Kim bahwa dirinya mendukung pergeseran strategis Korea Utara ke arah pertumbuhan ekonomi, kata laporan Xinhua.

Kunjungan ini dilakukan di tengah perbaikan keadaan di semenanjung, usai pertemuan bersejarah Kim dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Selain itu, pemimpin Korut juga direncanakan bakal bertemu dengan orang nomor satu Amerika Serikat, Donald Trump.

Peristiwa ini juga menyusul kunjungan pertama Kim ke China, di mana ia menumpang Kereta ke Beijing untuk bertemu Xi. Pertemuan itu juga jadi lawatan pertamanya yang diketahui sejak menjabat sebagai pemimpin negara pada 2011 lalu.

China juga direncanakan bakal menggelar pertemuan tingkat tinggi dengan Korea Selatan dan Jepang, Rabu ini.

Korea Utara diperkirakan bakal jadi isu utama dalam pertemuan itu, tapi seorang diplomat China mengatakan pembicaraan bakal berkaitan dengan kerja sama regional dan tak berfokus pada semenanjung Korea.

Terlepas dari itu, hubungan dingin Beijing dan Pyongyang yang telah berlangsung selama beberapa bulan terakhir tampaknya mulai menghangat sejak Kim diam-diam berkunjung ke China.

Para analis menyebut pertemuan Kim dan Xi memperkuat posisi negosiasi Korea Utara dengan menjajarkan kedua negara jelang tatap muka dengan Trump yang mungkin bakal berlangsung dalam beberapa pekan ke depan.

(aal)

Sumber : CNN Indonesia

Vie,tarungnews.com