• Rabu, 17 April 2024

Pemprov Dorong Ciletuh- Pelabuhan Ratu Jadi Destinasi Wisata Dunia

Pemprov Dorong Ciletuh- Pelabuhan Ratu Jadi Destinasi Wisata Dunia Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) terus mendorong pengembangan Ciletuh- Pelabuhan Ratu demi menjadi destinasi wisata berskala dunia. Humas Prov Jabar

Lintas Jabar,TarungNews.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) terus mendorong pengembangan Ciletuh- Pelabuhan Ratu demi menjadi destinasi wisata berskala dunia. Hal ini Ia katakan pada kegiatan Lokakarya Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Pelabuhan Ratu, di Bale Rucita Gedung Rektorat Kampus UNPAD Jatinangor Sumedang, Jum'at (05/05/2017).

"Karena itu target kita di tahun ini di Desember 2017, Insya Allah Ciletuh- Pelabuhan Ratu mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai UNESCO Global Geopark," ungkap Deddy Mizwar.

Demiz mengatakan, pariwisata saat ini menjadi komoditi andalan, dan terbesar keempat di Indonesia setelah migas, batubara, dan kelapa sawit. Pariwisata cenderung meningkat daya saingnya, sementara tiga lainnya cenderung menurun, bahkan 'ambruk.'

"Jadi Jawa Barat harus memiliki destinasi yang berskala dunia, Ciletuh- Pelabuhan Ratu -lah 'emperan surga' yang begitu indahnya, ini luar biasa," katanya.

"Ini potensi bagaikan raksasa yang sedang tidur, saya yakin ini (Ciletuh- Pelabuhan Ratu) bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang berbeda," sambung Demiz.

Untuk itu tentu saja kata Demiz, banyak upaya yang telah, sedang, dan akan dilakukan untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten/ Kota, hingga pusat, beserta unsur akademisi, komunitas dan masyarakat bersama-smaa terus menggenjot pembangunan sarana dan prasarana disana.

Demiz mengatakan, dengan lahan seluas 176 ribu hektare, Geopark Ciletuh- Pelabuhan Ratu memiliki beragam keindahan mulai dari geo -diversity, bio- diversity, dan culture- diversity yang memukau, tinggal aksesibilitasnya yang masih harus didorong secara optimal.

"Kalau itu didukung oleh aksesibilitas yang bagus, maka pertumbuhan ekonomi kerakyatannya akan cepat tumbuh dan berkembang," terangnya.

Maka,  Demiz menuturkan, tak kurang dana sebesar Rp. 211 miliar siap dikucurkan untuk pembangunan infrastruktur Geopark Ciletuh- Pelabuhan Ratu.

Tak hanya jadi destinasi wisata, beberapa spot di Ciletuh- Pelabuhan Ratu Sukabumi, juga memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai venue olahraga. Diantaranya adalah Pantai Cimaja dan pantai Ombak Tujuh yang jadi spot favorit para surfer (peselancar) profesional.

Pantai Cimaja dan ombak tujuh punya ombak besar, pantai ini pun sering menjadi lokasi beberapa kompetisi surfing taraf internasional. Menyambut ASIAN Games 2018, Deddy mengaku telah mengajukan kawasan tersebut kepada Presiden RI Joko Widodo, agar menjadi salah satu venue pada ajang tersebut, khususnya pada cabang olahraga surfing. Ini pun menjadi salah satu upaya mendongrak Ciletuh- Pelabuhan Ratu semakin dikenal masyarakat lokal, dan internasional.

RJS/Mun,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar