Nasional

Nama Sekda Jabar Iwa Karniwa Kembali di Sebut Dalam Sidang Kasus Suap Meikarta

Selasa, 22 Januari 2019 | 02:17 WIB - by rjs,tarungnews.com - 178 pembaca

Lintas Jabar,TarungNews.com – Pada sidang lanjutan kasus suap mega proyek meikarta, yang telah menyeret babarapa pejabat Kabupaten Bekasi kembali di gelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (21/1/2019).

Dalam persidangan kali ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari KPK I Wayan Riyana mengehadirkan saksi yaitu Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi Nurlaili dan Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bekasi Hendry Lincoln. Neneng dan Hendry dalam kesaksianya keduanya mengakui bahwa ada permintaan uang sebesar Rp 1 miliar untuk sekda jabar Iwa Karniwa.

Tidak hanya di situ Neneng Rahmi Nurlaili serta Hendry Lincoln pun, menyebut peran anggota DPRD Kabupaten Bekasi Sulaiman dan anggota DPRD Jabar Waras Wasisto terkait uang Rp 1 miliar tersebut. Permintaan uang sebesar Rp 1 miliar menurut Neneng Rahmi Nurlaili, untuk kepentingan Iwa, maju dalam Pilgub Jabar 2018.

Pada persidangan sebelumya pemberian uang sebesar Rp 1 miliar kepada sekda jabar Iwa Karniwa pernah di sebut oleh kesaksian Bupati Bekasi nonaktif, Neneng Hasanah Yasin. Ketika Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari KPK Taufik Ibnugroho, mempertanyakan perihal pengurusan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Meikarta kepada Pemprov Jabar, Neneng menyebut nama Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa.

Namun menurut Neneng tidak tahu secara detail perkara permintaan uang tersebut. Neneng Rahmi menceritakan hal tersebut saat keduanya bertemu di rumahnya. Neneng juga mengaku tak tahu menahu dari mana uang itu berasal. "Saya enggak begitu detail. Tapi Neneng Rahmi bilang ada pemberian Rp 1 M kepada Sekda," ungkap Neneng kepada JPU.

Rjs,tarungnews.com