Nasional

Lanjutan Sidang Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Iwa Karniwa Bantah Terima Uang 1 Miliar

Selasa, 29 Januari 2019 | 03:38 WIB - by rjs,tarungnews.com - 566 pembaca

Lintas Jabar,TarungNews.com – Dalam sidang lanjutan kasus suap proyek meikarta yang telah menjadikan beberapa pejabat Kabupaten Bekasi menjadi tersangka kembali di gelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (28/1/2019).

Pada sidang lanjutan kali ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yadyn, menghadirkan delapan orang saksi antara lain dari Pemkab Bekasi dan Pemprov Jabar, dan salah satunya adalah Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar) Iwa Karniwa. Pada awalnya Jaksa menanyakan seputar pertemuan Iwa dengan Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi Nurlaili. Di rest area KM 72 Tol Purbaleunyi.

Dalam pertemuan dengan Neneng Rahmi Nurlaili, Iwa tidak sendiri. Ada anggota DPRD Jabar Waras Wasisto, anggota DPRD Kabupaten Bekasi Sulaeman, dan Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga/Dispora Pemkab Bekasi Hendry Lincoln. Iwa mengaku ikut dalam pertemuan itu karena diajak Waras.

Selanjutnya JPU dari KPK, membacakan BAP Iwa Karniwa, yang dalam BAP tersebut menyatakan pembahasan tentang Raperda Rencana Detail dan Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi. Dan jaksa juga membacakan BAP yang berisi commitment fee serta penerimaan uang dari Waras untuk Iwa.

Namun semua tuduhan tersebut di bantah semua oleh Sekda Jabar Iwa Karniwa, kalau untuk masalah tentang Raperda Rencana Detail dan Tata Ruang (RDTR) datang saja ke kantor nanti kita bahas di kantor dan tidak ada pembahasan mengenai permintaan uang, kata Iwa. Saya tidak tahu dalam pertemuan di rest area KM 72 Tol Purbaleunyi akan membahas Raperda Rencana Detail danTata Ruang (RDTR) dan teknis Meikarta, ujar Iwa.

Tidak sampai disitu Jaksa kembali membacakan BAP Iwa yang berisi pengakuan Iwa Karniwa bahwa Waras Warsito pernah pernah menawarinya bantuan banner bantuan tersebut terkait pencalonan Iwa menjadi calon Gubernur Jabar dari PDIP.

Namun lagi-lagi Sekda Jabar Iwa Karniwa membatah BAP-nya sendiri yang di bacakan Jaksa, Dalam beberapa pertanyaan hakim dan jaksa terkait uang Rp 1 miliar, Iwa berkali-kali membantahnya. Dia menegaskan tidak pernah meminta atau pun menerima uang atau bantuan dalam bentuk apapun.

Rjs,tarungnews.com