Nasional

KPK Sita Uang 46 Miliar Terkait Suap Proyek SPAM Di Kementerian PUPR

Sabtu, 6 April 2019 | 00:39 WIB - by Dar,tarungnews.com - 172 pembaca

Jakarta,TarungNews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita total sekitar Rp 46 miliar dalam pecahan 14 mata uang termasuk mata uang Israel, di Kementerian PUPR terkait proyek Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM).

"Sejumlah mata uang asing tersebut kami temukan di safe deposit box milik pejabat di Kementerian PUPR," kata Juru bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (5/4/2019).

Total uang itu disita dari 75 orang, yang termasuk di antaranya 69 orang mengembalikan langsung ke KPK. Uang yang disita tersebut diduga KPK diterima oleh para pejabat di Kementerian PUPR, kata Febri.

Penyitaan uang itu merupakan salah satu upaya hukum yang dilakukan KPK dalam tingkat penyidikan yang berawal dari OTT (operasi tangkap tangan) yang dilakukan KPK pada Jumat, 28 Desember 2018. Dari OTT tersebut, KPK menetapkan total 8 tersangka, yang terdiri dari 4 orang diduga sebagai penerima suap dan 4 orang diduga sebagai pemberi suap.

Suap kepada para pejabat di lingkungan Kementerian PUPR di duga demi memenangkan lelang proyek SPAM 2017-2018. Hasilnya, PT WKE dan PT TSP kedua perusahaan tersebut menang lelang 12 proyek dengan nilai Rp 429 miliar.

Dar,tarungnews.com