Politik

Kabupaten Kota Harus Antisipatif

Kamis, 29 November 2018 | 23:45 WIB - by dg/rjs,tarungnews.com - 135 pembaca

Lintas Jabar,TarungNews.com - Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) gelar monitoring persiapan Pileg dan Pilpres 2019 ke Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Dalam kesempatan tersebut, Komisi I memantau langsung persiapan yang dilakukan penyelenggara pemilu dalam menghadapi pemilu serentak.

Anggota Komisi I DPRD Prov. Jabar,Tate Komarudin menyebutkan, kunjungan tersebut untuk memastikan proses penyelelenggaraan pileg dan pilpres dapat berjalan dengan lancar dan dipersiapkan dengan baik sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di setiap kabupaten/kota di Jabar.

"Maka dari itu kami ingin memastikan sejauhmana KPU kabupaten kota Tasikmalaya ini seperti apa," ujar Tate di Kantor KPU Kota Tasikmalaya, Jalan SKP, Kota Tasikmalaya, Rabu (28/11/2018)
Dia menambahkan, sejauh ini dari informasi yang didapatkan logistik sudah mulai didistribusikan dan belum ada kendala yang cukup berarti. Bahkan penyelenggara pemilu di Kota Tasikmalaya sudah mensimulasi dan antisipasi terhadap potensi kendala pada saat pileg dan pilpres nanti. "Kami optimistis pada pelaksanaanya dapat berlangsung sesuai dengan harapan tanpa ada kekurangan apapun," ujar Tate.

Yang jelas, lanjut dia, pendistribusian untuk kebutuhan penyelenggaraan pileg dan pilres sudah hampir lengkap semua.
Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu mengharapkan,
penyelenggaraan pemilu serentak dapat berjalan aman, tenteram, damai dan lancar. Esensi demokrasi hak masyarakat dapat tersalurkan. Sukses tanpa ekses baik itu perwakilan, penyelenggara dan masyarakat berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi.

"Mudah-mudahan sukses tanpa ekses itu bisa terwujud," tandas Tate.
Sekretariat KPU Kota Tasikmalaya, Yayan menyebutkan, secara keseluruhan prosedur dan mekanisme penyelenggaraan sudah dipelajari dan pengamanan distribusi kelengkapan pemilu sudah baik. Tinggal menunggu pelaksanaan pileg dab pilpres 2019 mendatang. "Langkah-langkah antisipatifnya sudah kami petakan, termasuk nanti pas pelaksanaan teknis,"kata Yayan. Kendati demikian, dirinya bersama kesekretariatan mewaspadai terhadap potensi masalah.

dg/rjs,tarungnews.com