• Sabtu, 15 Mei 2021

Kerja Sama Disdik Jabar dan Polman Bandung untuk Kembangkan Pendidikan Vokasi

Kerja Sama Disdik Jabar dan Polman Bandung untuk Kembangkan Pendidikan Vokasi Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) resmi bekerja sama dengan Politeknik Manufakturing (Polman) Bandung untuk pengembangan pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jabar. Muhammad Adam

Bandung,TarungNews.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) resmi bekerja sama dengan Politeknik Manufakturing (Polman) Bandung untuk pengembangan pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jabar.

Salah satu bentuk nyata kerja sama tersebut adalah dibangunnya Polman Bandung di Majalengka yang terintegrasi dengan SMK melalui program SMK D2-Fast Track.

"Setelah ini akan berjalan pelaksanaan kerja sama antara politeknik, SMK, dan industri. Nanti akan muncul SMK D-2 Fast Track di daerah Majalengka, Cirebon, dan sekitar Segitiga Rebana," tutur Kadisdik Jabar, Dedi Supandi saat menghadiri Dies Natalies Polman Bandung ke-44 sekaligus penandatanganan kerja sama di Lapangan Rekawanawaluya Polman Bandung, Jln. Kanayakan No. 21, Kota Bandung, Kamis (25/3/2021).

Nantinya, lanjut Kadisdik, akan dibuat tiga kompetensi keahlian baru di SMK yang menyesuaikan dengan kebutuhan industri di daerah tersebut, salah satunya kriya logam. Pengembangan kompetensi keahlian tersebut akan dibina langsung oleh Polman Bandung di Majalengka.

Kadisdik menjelaskan, sesuai amanat Gubenur Jabar, kerja sama ini merupakan upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi pelajar. Sehingga, 25 tahun ke depan saat wilayah di sana sudah menjadi kota metropolitan, mereka telah siap berperan membangun negeri.

Sementara itu, Direktur Polman Bandung, Mohammad Nurdin mengatakan, pihaknya akan selalu berjuang mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia melalui peran Polman sebagai institusi pendidikan di bidang vokasi. "Polman sendiri tidak hanya fokus pada pengembangan kompetensi, tapi juga dalam penguatan soft skill agar mereka (pelajar) juga bisa berkembang menjadi entrepreneur," ungkapnya.

Acara ini juga dihadiri Gubenur Jabar, Ridwan Kamil dan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Sekolah Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Wikan Sakarinto.

Selain kerja sama Disdik Jabar dan Polman Bandung, ada dua penandatanganan kerja sama Kemendikbud dengan Pemprov Jabar dan Kabupaten Majalengka dalam sinergi perencanaan pembangunan kampus dua Polman Bandung di Majalengka serta Pemprov Jabar dan Polman Bandung dalam bidang penelitian, pengembangan, diseminasi serta penerapan hasil-hasil penelitian.

rjs,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar