• Sabtu, 16 Oktober 2021

Segera Dibangun Monumen Perjuangan COVID-19 di Kota Bandung

Segera Dibangun Monumen Perjuangan COVID-19 di Kota Bandung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Humas Jabar

Bandung,TarungNews.com – Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil mengatakan, monumen baru yang berada di utara kawasan Gasibu, Kota Bandung akan dijadikan monumen perjuangan pahlawan Covid-19. Rencananya, monumen ini didedikasikan untuk garda terdepan penanganan Covid-19 yang telah gugur.

"Ada dua portal simbol dari tangguh dan tumbuh dan tentunya kebanggaan kalau itu menjadi level nasional," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil, Sabtu (4/9/2021).

Kang Emil mengatakan monumen perjuangan pahlawan COVID-19 itu memiliki pesan tersendiri. Salah satunya untuk tidak melupakan sejarah khususnya dalam perjalanan COVID-19 di Indonesia.

"Jadi itu satu pesan bahwa kami 'jas merah', tidak pernah sekali-kali meninggalkan sejarah," ujarnya.

Menurut Kang Emil, sejak pandemi melanda Indonesia banyak memakan korban jiwa mulai dari tenaga kesehatan hingga dokter yang bertugas menangani pasien COVID-19. Terlebih ada salah satu peneliti vaksin Sinovac yang meninggal di Bandung.

"Banyak ratusan tenaga kesehatan dan dokter yang berpulang, berjuang, melawan COVID-19, salah satunya dokter yang menjadi peneliti vaksin Sinovac salah satu yang jadi pahlawan," kata Kang Emil.

 Untuk merampungkan hal tersebut, Pemprov Jabar saat ini tengah mempersiapkan sejumlah aspek. Rencananya monumen itu akan diresmikan dua bulan mendatang.

"Dua bulan ini akan kita persiapkan, mudah-mudahan Presiden berkenan untuk hadir," tegasnya.

Bahkan, sambung Kang Emil, rencana ini sudah diajukan ke Presiden melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Menurut Kang Emil, idenya itu disambut positif Presiden Jokowi.

"Saya sudah menyampaikan ke Pak Pratikno dan pemerintah pusat setuju menjadi monumen perjuangan untuk pahlawan COVID-19," ucapnya

Bahkan, kata Kang Emil, Jokowi bakal meresmikan pada 10 November 2021 mendatang. Jokowi akan datang ke Bandung.

"Nanti akan diresmikan tanggal 10 November 2021 oleh Bapak Presiden. Suratnya akan dikirim, kalau tidak ada halangan, Pak Presiden akan ke Bandung mengapresiasi pahlawan COVID-19 di Indonesia," pungkas Kang Emil.

Yud,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar