• Minggu, 5 Desember 2021

Jokowi Resmikan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021

Jokowi Resmikan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 Presiden Jokowi resmi buka PON XX Papua 2021 (Foto: PB PON XX Papua 2021)

Jayapura,TarungNews.com - Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021), sore WIB.

“Perasaan saya dan perasaan saudara pasti sama, kita bangga di tanah papua. Kita juga bangga berada di stadion terbaik di asia pasifik ini. Kita bangga membuka pon ke-20, pon yang pertama kali digelar di tanah Papua,” ucap Joko Widodo dalam upacara pembukaan PON XX Papua 2021.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, dengan Nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional ke-20 Papua secara resmi saya nyatakan dibuka,” lanjutnya.

Jokowi mengajak agar PON ini diisi dengan segala sukacita dan menjunjung sportivitas. Ajang ini juga diminta menjadi ruang menjalin kebersamaan.

"Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita unjuk partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini," katanya.

Jokowi juga menyampaikan kemajuan pembangunan infrastruktur hingga sumber daya manusia (SDM) di Papua.

"Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas papua, serta pengembangan SDM Papua adalah capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan," ucapnya.

Dia meminta anak muda Papua mengikuti para tokoh olahraga hingga para seniman asal Papua.

Setelah Jokowi memberi sambutan, acara dilanjutkan dengan pesta kembang api. Suasana tampak meriah dan penonton di stadion bersorak-sorai.

Sebelumnya, sambutan telah disampaikan Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mayjen TNI (Purn) Norman Sasono dan Gubernur Papua Lukas Enembe. Berlanjut dengan aksi koreografi serta dinyanyikannya lagu Aku Papua gubahan Franky Sahilatua yang dinyanyikan Edo Kondologit, Michael Jakarimilena, dan Nowela Elizabeth Auparay.

Sebelum dibuka, upacara pembukaan telah dimulai dengan serangkaian pertunjukkan yang meriah. Ambil contoh, tarian Selamat Datang dan nyanyian khas Papua yang dibawakan putra daerah.

Kemudian, disambung dengan parade atlet. Mereka masuk ke tengah lapangan sambil membawa bendera provinsi masing-masing.

Presiden Jokowi dengan menggunakan jaket PON XX Papua 2021 ikut berdiri dan melambaikan tangan ke para atlet. Sesekali, Presiden Jokowi juga terlihat menari-nari kecil sebagai ekspresi kegembiraannya.

Sementara itu, delapan atlet legenda asal Papua masuk ke tengah lapangan sambil membawa bendera PON dalam upacara pembukaan PON XX Papua 2021. Mereka adalah Lisa Rumbewas (Angkat Besi), Benny Maniani (Tinju), Erni Sokoy (Dayung), Maria Londa (Atletik), Kartika Monim (Voli), Melly Mofu (atletik), Rully Nerre (Sepak Bola), dan Imanuel Daundi (Pencak Silat).

Dar,tarungnews.com

 

 

Bagikan melalui:

Komentar