• Jumat, 29 Maret 2024

Atalia Praratya Kamil, Resmikan Kampung Korea Guna Perluas Pasar UMKM

Atalia Praratya Kamil, Resmikan Kampung Korea Guna Perluas Pasar UMKM Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat Atalia Praratya Kamil. Humas Jabar

Bandung,TarungNews.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat Atalia Praratya Kamil meresmikan Kampung Korea yang berlokasi di Kiara Artha Park, Kiaracondong, Kota Bandung. Kampung Korea ini didirikan untuk memperluas pasar bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Atalia mengatakan, kehadiran Kampung Korea tersebut dapat membantu UMKM untuk berkembang hingga berdampak positif pada ekonomi daerah. Dia pun mengajak masyarakat untuk menyebarluaskan informasi tentang keberadaan Kampung Korea tersebut. "Kampung Korea saat ini sudah kembali dibuka, dan mudah-mudahan ini bisa juga kita menunjukkan rasa cinta kita kepada UMKM, supaya mereka tumbuh berkembang," kata Atalia,Kamis (18/11).

Ke depannya, kata dia, Kampung Korea itu bakal berupaya untuk berintegrasi terhadap sejumlah titik pariwisata yang ada di Kota Bandung. Salah satunya, kata dia, dengan menghadirkan titik halte Bandung Tour On Bus (Bandros) di Kampung Korea."Kemudian para turis bisa bagaimana melihat keindahan Kota Bandung ini dan ini sifatnya gratis ya," kata Atalia.

 Sementara itu, marketing Communication Kampung Korea Fikri Budiman mengatakan Kampung Korea itu menampung sekitar 40 UMKM dengan berbagai jenis produk yang ditawarkan kepada pengunjung mulai dari kuliner, fesyen, dan ekonomi kreatif lainnya. Meski bernuansa Korea, menurutnya, jenis UMKM di Kampung Korea tidak terbatas dengan tema tempat tersebut. Pasalnya, kata dia, Kampung Korea itu diproyeksikan untuk menjadi sentra kultur dengan berbagai budaya. "Sebenarnya tujuan kita adalah menyatukan banyak budaya di sini, makanya namanya Pelataran Korea Culture Space," kata Fikri.

Selain memberi ruang bagi UMKM, pihaknya juga melakukan pembinaan agar produk UMKM lebih diminati oleh masyarakat. Dengan begitu, ia berharap UMKM yang ada di Indonesia khususnya di Bandung bisa naik kelas. "Kita desain dan kita dorong agar bagaimana caranya UMKM ini terlihat moderen dan digitalisasinya kita manfaatkan bangetlah," pungkasnya.

Yud,tarungnews.com

 

 

Bagikan melalui:

Komentar