• Rabu, 25 Mei 2022

Menko PMK RI Apresiasi Kesiapan Pemkab Garut Hadapi Arus Mudik Tahun 2022

Menko PMK RI Apresiasi Kesiapan Pemkab Garut Hadapi Arus Mudik Tahun 2022 Bupati Garut, Rudy Gunawan menerima kunjungan kerja Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia (RI), Muhadjir Effendy, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Mayjen TNI Suharyanto. (Diskominfo Kab.Garut)

Garut,TarungNews.com - Bupati Garut, Rudy Gunawan menerima kunjungan kerja Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia (RI), Muhadjir Effendy, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Mayjen TNI Suharyanto. Kunjungan tersebut dalam rangka pengecekan kesiapan jalur mudik di Garut Trade Center (GTC) Limbangan, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Jum'at (29/4/2022).

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut melaporkan kepada Menko PMK RI terkait capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Garut, di mana vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Garut sudah mencapai 93%, dosis kedua mencapai 90%, dan dosis ketiga mencapai 25%.

"Artinya bahwa Garut sekarang ini dari sisi vaksinasi kerjasama dengan pemerintah daerah, vaksinasi presisi, dan serbuan vaksin TNI Polri kita sudah mencapai hasil maksimal," kata Bupati Garut.

Rudy juga menuturkan, meskipun selama satu bulan terakhir ini Kabupaten Garut selalu menempati level 1 dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, pihaknya terus melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat, khususnya pada saat ini di mana arus mudik akan segera berlangsung.

"Apalagi kita sekarang memperhatikan bahwa Garut ini akan dilewati 500ribu orang yang akan mudik, jadi tempat-tempat pariwisata menjadi bagian yang kami perhatikan," lanjutnya.

Ia menambahkan, menjelang Idulfitri 1443 Hijriah ini kesiapsiagaan kebutuhan pangan di Kabupaten Garut masih dalam kondisi stabil.

"Kebutuhan pokok ada, minyak goreng ada pak, harganya ada diskon sekarang ini dan kami pun pemerintah daerah maupun provinsi TNI Polri melakukan langkah-langkah mengadakan kegiatan di tempat-tempat tertentu dengan operasi pasar," kata Rudy.

Sementara itu, Menko PMK RI menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Kabupaten Garut beserta jajaran yang telah melakukan persiapan penanganan arus mudik dengan sangat baik.

"Ya pagi ini saya melakukan peninjauan di Kabupaten Garut sebagai sampel untuk Cipete sampai seberapa jauh daerah-daerah melaksanakan arahan dari Bapak Presiden. Dalam kaitannya dengan penanganan mudik tahun 2022 setelah kita dua tahun tidak pernah mengalami mudik," kata Muhadjir Effendy.

Ia juga menerangkan, terkait kebutuhan pokok, adanya kenaikan harga ayam potong dan daging sapi saat menuju hari raya lebaran merupakan hal yang wajar dikarenakan banyaknya permintaan.

"Dan ini sekaligus memberikan kebahagiaan kepada para peternak, karena sebelum ini 4 bulan yang lalu peternak ini harga-harga ayam potong ini sangat jatuh sehingga banyak peternak yang rugi," ujarnya.

Selain itu, berkaitan dengan arus mudik yang saat ini mulai berlangsung, Muhadjir menjelaskan, saat ini jalur mudik di wilayah selatan masih belum ramai dikarenakan masih minim diketahui oleh masyarakat.

Maka dari itu, ia mengimbau kepada para awak media agar membantu dalam hal menginformasikan kepada masyarakat terkait jalur selatan yang memiliki panorama indah.

"Ya termasuk wartawan ini ikut berkampanye supaya meyakinkan masyarakat bahwa lewat lintas selatan itu jauh lebih nyaman, karena pemandangannya indah dan juga sudah banyak warung yang tersedia," tandasnya. (Diskominfo Kab.Garut)

Red,tarungnews.com

 

Bagikan melalui:

Komentar