• Sabtu, 28 Januari 2023

Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Underpass Dewi Sartika Kota Depok

Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Underpass Dewi Sartika Kota Depok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Depok M Idris meresmikan jalan underpass Dewi Sartika Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (17/1) petang. (Istimewa)

Depok,TarungNews.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Depok M Idris meresmikan jalan underpass Dewi Sartika Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (17/1) petang.

Dalam peresmian tersebut, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil  didampingi oleh Kepala Dinas BMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono.

Setelah menandatangani prasasti Kang Emil, langsung meninjau underpass Dewi Sartika, dengan berjalan kaki.

"Underpass ini merupakan kebutuhan infrastruktur warga Depok, yang ditunggu-tunggu dan hari  ini berhasil diresmikan," kata Kang Emil usai pemotongan pita di Underpass Dewi Sartika.

Kang Emil mengatakan, keberadaan underpass Dewi Sartika diharapkan bisa mengurai kemacetan serta berdampak pada perputaran perekonomian warga Depok.

Sebab, kendaraan tak perlu lagi berhenti karena kerana rel listrik (KRL) yang melintas.

Atas terbangunnya infrastruktur itu, Kang Emil meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di sepanjang Underpass Dewi Sartika.

Terlebih, nama Jalan Dewi Sartika merupakan salah satu pahlawan nasional perempuan. Kang Emil meminta masyarakat untuk menghormati dengan menjaga kebersihan dan ketertiban.

Kepala Dinas BMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono  mengatakan Underpass Dewi Sartika Kota Depok merupakan salah satu masterpiece hasil  kolaborasi Pemprov Jabar dengan Pemkot Depok.

Dalam pembangunan Underpass Dewi Sartika, kolaborasi yang dilakukan adalah pembebasan lahan oleh Kota Depok dan konstruksinya dari Pemprov Jabar.

Pembangunan underpass ini menghubungkan dua ruas jalan, yaitu Jalan Dewi Sartika (jalan provinsi) dan Jalan Margonda Raya (Jalan Kota Depok).

Pembangunan Underpass Dewi Sartika dilaksanakan pada tahun anggaran 2022 dalam waktu pelaksanaan selama 11 bulan dengan biaya konstruksi sebesar Rp 113,68 MILYAR, kontraktornya yaitu Nindya Karya.

Menurut Bambang, latar belakang dari pembangunan underpass ini adalah frekuensi kereta api yang melintas setiap ± 2 menit sekali yang seringkali menimbulkan antrian macet di perlintasan. Di sisi lain volume kendaraan yang melintas di JL. Dewi Sartika, mencapai 2.400 kendaraan/jam.

Infrastruktur Underpass Dewi Sartika kota Depok memiliki panjang penanganan 970 meter dengan panjang underpass 470 meter.

Underpass ini akan memiliki dua jalur satu arah. Dengan pembangunan Underpass Dewi Sartika Kota Depok ini diharapkan menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Dewi Sartika ke arah Jalan Margonda Raya.

Red,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar