• Rabu, 14 April 2021

Lepasnya 2 Harimau Benggala Milik Sinka Zoo, Disesalkan PKBSI

Lepasnya 2 Harimau Benggala Milik Sinka Zoo, Disesalkan PKBSI Ilustrasi Harimau Benggala (ist)

Bandung,TarungNews.com - Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) memohon maaf atas kejadian lepasnya dua harimau di Sinka Zoo, Kalimantan Barat.

Ketua Umum PKBSI, Rahmat Shah menyesalkan kejadian dua harimau lepas di Sinka Zoo pada 5 Februari lalu. Kejadian tersebut memang sebuah peristiwa yang tidak bisa terelakkan karena bencana alam yang tak terduga.

"Kandang rusak dan terbuka akibat longsor setelah diterpa hujan deras selama dua hari berturut-turut. Akibatnya dua Harimau Benggala lepas dari kandangnya," ucap Rahmat, Senin (15/02/2021).

Menurut Rahmat, pada peristiwa tersebut seorang keeper bernama Ferry Hermawan menjadi korban terkaman harimau dan meninggal dunia. Setelah lepas, kedua ekor harimau itu sempat berkeliaran di sekitar area Sinka Zoo. Dalam kondisi tersebut pihak kepolisian, TNI, dan BKSDA setempat melakukan langkah preventif agar kedua harimau tidak kabur lebih jauh.

"Memang Sinka Zoo adalah salah satu anggota kami yang masih dalam proses pengadaan alat senjata bius. Kami berharap peristiwa ini tidak terulang lagi baik di Sinka Zoo ataupun di lembaga konservasi lain di Indonesia," ujarnya.

Rahmat menjelaskan, sejauh ini Sinka Zoo sudah melakukan perawatan satwanya dengan baik. Ini murni sebuah kecelakaan akibat keganasan alam seperti hujan deras yang mengakibatkan longsor dan menimpa kandang harimau tersebut.

"Selaku Ketua Umum PKBSI kami mengucapkan belasungkawa pada keluarga korban dan manajemen Sinka Zoo, agar tabah menghadapi peristiwa ini, dan kami menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu menangani kejadian ini," imbuhnya.

Rahmat mengaku, saat ini PKBSI terus berbenah untuk merapikan seluruh anggotanya agar bisa memperbaiki seluruh fasilitas terutama kandang yang aman. Kandang karnivor memang harus sangat baik karena berkaitan dengan koleksi hewan buas.

"Sinka Zoo adalah salah satu anggota PKBSI yang memiliki satwa sebanyak 158 ekor yang terdiri dari 43 aves, 22 reptil dan 93 mamalia. Dua ekor harimau yang lepas kemarin adalah bagian dari sembilan ekor harimau Benggala koleksi Sinka Zoo. Sinka Zoo berada di area perbukitan, Kalimantan Barat," tuturnya.

Yud,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar