• Minggu, 5 Desember 2021

CERITA SENJA TENTANG SEBUAH HATI. oleh Inoer

CERITA SENJA TENTANG SEBUAH HATI. oleh Inoer CERITA SENJA TENTANG SEBUAH HATI Oleh: Inoer

Cipratan itu mengenaiku, dan aku pun menoleh. Dia menghampiri lalu duduk didekatku, tepatnya ditumpukan jerami yang baru saja dipanen bulirnya.

"Sudah hampir senja, kamu tidak pulang?, tanyanya hampir bergumam.

Aku menggelengkan kepala sambil menyahut, "sebentar lagi. Sementara dia tampak hanya menahan nafas dan membiarkanku menekuri senja.

Lalu tatapku tidak beranjak dari gerombolan kuntul yang sedang mematuk buliran padi yang tercecer, sedangkan kakinya yang ramping sibuk mengais batangan batang padi yang berserakan, mematuknya sembarang lalu membiarkannya begitu saja dan terbang lagi mengepakan sayapnya yang putih lalu menukik dan begitu juga selanjutnya seakan ingin mengitariku walau hanya sebentar lalu dia menjauh... menjauh dan menjauh... dan hanya meninggalkan siluet samar disudut cakrawala.

Seharian kamu disini, tidak penatkah?, "tanyanya khawatir.

Aku tersenyum miris, "penat..., lelah... dan terabaikan adalah aku.

Berhentilah mengutuki diri sendiri, dan melangkahlah. Tidak selamanya kehilangan itu mematahkan impian," ucapnya seraya membangkitkan aku untuk segera beranjak dari senja yang mulai temaram.

Aku tertawa lagi, tapi mataku perih dan pipiku terasa geli. "Oh... ternyata aku menangis.

Tahu apa kamu tentang kehilangan?," tanyaku. Sambil menahan isak tangis yang terasa menyesakan dada, dan aku pun terus berusaha untuk berucap. Sakitnya tidak terperi dan menyisakan luka yang menganga, mungkin sebentar lagi bernanah. "hanya sampai disitu bibirku mampu berucap.

Selanjutnya aku hempaskan sebatang jerami yang tidak sadar kugigit dari tadi. Senja pun beranjak dengan cepat, temaramnya mengitari pematang lalu menghilang, meninggalkanku.

Sementara aku masih tetap disini, ya disini. Terpaku dan merenung, tengadahkan kepala, mata nanar dengan tatapan kosong.

Ditengah gulita aku bergumam kepada langit, "AKU SENDIRI LAGI.

Untuk seseorang yang telah meninggalkanku di akhir Januari biarlah untuk sementara aku berharap bahwa "Senja Akan Kembali dan baik-baik disana ya

By Inoer.

Bagikan melalui:

Komentar