Sabtu, 31 Oktober 2020 | 17:06 WIB



Daerah

Kades Mandalakasih Rangkul Investor Lokal Kembangkan Potensi Wisata Leuwi Enis

Rabu, 23 September 2020 | 23:43 WIB - by Alam,tarungnews.com - 1.581 pembaca

Garut,TarungNews.com - Usai melakukan pemantauan langsung ke lokasi bakal obyek wisata Leuwi Enis di Kampung Punagara Desa Mandalakasih Kecamatan Pameungpeuk, Garut  dan berdiskusi dengan tim eksplorasi dan riset dari Promo Garut community serta Kepala Desa dan beberapa Tokoh masyarakat Desa Mandalakasih selanjutnya Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Diparbud) Garut, H. Budi Gangan Gumilar, SH, MH bersama Tim melanjutkan kegiatan dengan menggelar pembinaan dan pembekalan terkait bakal obyek wisata yang diajukan masyarakat.

Menerima  pembekalan dari Kepala Dinas yang diantaranya upaya pemberdayaan bakal obyek wisata Leuwi Enis, Kepala Desa Mandalakasih, Iwan Darmawan menyebutkan kesiapannya untuk mengimplementasikan point-point yang menjadi pembekalan dan arahan Dinas kemarin, Selasa (22/9).

Kami langsung melaksanakan persiapan-persiapan untuk aksi nyata pemberdayaan dan pengelolaan Sungai Leuwi Enis serta pembahasan-pembahasan potensi dan kendala yang ada terkait akan dijadikannya Leuwi Enis sebagai obyek wisata kebanggaan masyarakat Mandalakasih khususnya," kata Kades.

Ia melanjutkan, "sebagai langkah awal kami akan melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan rekan-rekan di Pemerintahan Desa Mandalakasih serta element masyarakat yang ada.

Disana kami rumuskan upaya-upaya percepatan realisasi lokasi menjadi obyek wisata dengan melayangkan surat pengajuan kepada dinas terkait, selanjutnya akan menggelar sosialisasi secara gebyar kepada seluruh masyarakat sekaligus mengundang investor, terutama investor masyarakat setempat untuk berani berinvestasi membangun lokasi obyek wisata sekaligus memberdayakannya.

Kami optimis obyek wisata Leuwi Enis akan memberikan perubahan yang lebih baik Mandalakasih, baik bagi kemajuan penghasilan masyarakat maupun baik bagi pembangunan lainnya.

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas bahwa Mandalakasih ini dimasukan ke "Desa Emas" yang berbasis wisata, yaitu program pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Oleh karena itu kami siap merangkul investor lokal guna menjadikan Leuwi Enis sebagai peluang emas yang menjadi tumpuan masyarakat didalam memperbaiki penghasilan dan taraf hidup warga," pungkas Iwan kepada tarungnews.com (22/9) kemarin.

Alam,tarungnews.com – Biro Garut