• Jumat, 29 Maret 2024

Desa Cangkuang Dinilai Sebagai Desa Wisata Ekslusif di Kabupaten Garut

Desa Cangkuang Dinilai Sebagai Desa Wisata Ekslusif di Kabupaten Garut Bupati Garut Rudy Gunawan, seusai meresmikan Desa Wisata Cangkuang, bertempat di Kampung Lolohan, Desa Cangkuang, Kabupaten Garut, Minggu (9/5/21). Humas Kab Garut

Garut,TarungNews.com - Desa Cangkuang dinilai sebagai desa wisata eksklusif karena daerah ini menyandang nama legendaris, yakni Cangkuang. Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan  tempat wisata ini eksklusif dan bagus karena menyandang satu nama yang legendaris yaitu Cangkuang.

"Jadi sangat luar biasa Pak Kepala Desa, membuat Desa Wisata Cangkuang. Orang pasti akan kesini karena Cangkuang sudah terkenal. Saya melihat di sini bagus. Pemerintah daerah akan memberikan dorongan melalui anggaran dinas dan anggaran yang akan kami berikan langsung ke desa," ujarnya  seusai meresmikan  Desa Wisata Cangkuang, bertempat di Kampung Lolohan, Desa Cangkuang, Kabupaten Garut, Minggu (9/5/21).

Bupati berpesan agar Desa Cangkuang terus melakukan inovasi. Pihaknya akan mendukung penuh pengembangan Desa Wisata Cangkuang.

“Terus lakukan inovasi, saya dukung penuh nanti pengembangan Situ Cangkuang dan beberapa fasilitas termasuk olahraga. Juga mohon dilakukan perlindungan terhadap sawah-sawahnya itu. Ini akan menjadi bagian dari daya tarik orang datang ke Garut. Hal ini adalah kelasnya kelas dunia," ucapnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pembersayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut, Aji Sukarmaji, bahwa desa itu harus bisa melakukan terobosan dan inovasi khususnya yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Tanggapan dari DPMPD ini merupakan suatu inovasi yang dilakukan oleh kepala desa, bagaimana bisa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Dalam pandemi Covid-19 ini, sesuai dengan arahan Kemendes dan Kemendagri bahwa desa itu harus bisa melakukan terobosan-terobosan inovasi yang berkaitan untuk peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut, Budi Gan Gan Gumilar, berharap dengan adanya Desa Wisata Cangkuang ini bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kabupaten Garut.

“Harapan ke depan adalah pertama, keberadaan Desa Wisata Situ Cangkuang ini menjadi salah satu pilihan-pilihan kepada wisatawan yang datang ke Kabupaten Garut. Kedua, dapat meningkatkan ekonomi pendapatan masyarakat. Ketiga, meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kabupaten Garut," ujarnya.

Disisi lain, Kepala Desa Cangkuang Asep Nandang, menjelaskan dari total luas Situ Cangkuang yang berkisar 31 hektar, pihaknya akan menggunakan lahan seluas 5 hektare untuk Desa Wisata Cangkuang.

“Untuk luas wilayah destinasi Situ Cangkuang kurang lebih 31 hektare, dan kami pergunakan untuk lahan desa wisata kurang lebih 5 hektare," jelas Asep.

Bupati Garut akan memberikan dana untuk desa wisata ini. Kades Cangkuang memaparkan dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan infastruktur di Desa Wisata Cangkuang. "Kami akan lebih (menerapkan) ke infrastruktur, karena disini infrastruktur masih banyak yang perlu diperbaiki,yakni: penerangan, infrastruktur jalan, dan masih banyak spot-spot foto yang akan kami bangun atau wahana-wahana yang akan kami bangun," paparnya.

Ia berharap kepada Pemerintab Kabupaten (Pemkab), Pemerintah Provinsi (Pemprov), dan Pemerintah Pusat mendukung program Desa Wisata Cangkuang.

"Kami lebih mengutamakan pemberdayaan masyarakat, karena Desa Cangkuang terkenal dengan gotong-royong." pungkasnya.

Red,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar