• Selasa, 15 Juni 2021

Kunjungan Kerja Pansus II DPRD Jabar Bahas TPAS Legok Nangka dengan Pemkab Sumedang

Kunjungan Kerja Pansus II DPRD Jabar Bahas TPAS Legok Nangka dengan Pemkab Sumedang Sekda Pemkab Sumedang Herman Suryatman menerima kunjungan Tim Pansus II DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Sumedang, Senin (24/5/2021). Humas Pemkab Sumedang

Sumedang,TarungNews.com - Tim Pansus II DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Sumedang, Senin (24/5/2021). Rombongan yang dipimpin Abdy Yuhana tersebut diterima Sekda Herman Suryatman di ruang kerjanya. Turut mendanpingi Sekda, Asisten Pembangunan Hilman Taufiq WS, Kepala DLHK Kabupaten Sumedang Yosep Suhayat, unsur Bappppeda, dan Sekretariat DPRD Kabupaten Sumedang.

Pimpinan Pansus II DPRD Jabar Abdy Yuhana mengatakan kedatangannya ke Sumedang adalah untuk membicarakan terkait kerja sama Tempat Pembuangan dan Pengelolaan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka.

Menurut Sekda pada prinsipnya Pemda Sumedang mendukung pembangunan TPPAS Legok Nangka sebagai salah satu solusi untuk mengatasi persoalan sampah di Cekungan Bandung yang berada di enam kabupaten/kota (Bandung, Kota Bandung, Cimahi, Bandung Barat, Garut dan Sumedang).

Dikatakannya kebijakan Pemda Sumedang terkait TPPAS Legok Nangka untuk Wilayah Barat, dimana kapasitas sampah yang tersedia sekitar 120 ton di enam kecamatan (Cimanggung, Jatinangor, Pamulihan, Sukasari, Tanjungsari dan Rancakalong).

Diakui Sekda berdasarkan hasil hitungan obyektif, kurang lebih 32 ton sampah dari Sumedang akan digabung di TPPAS Legok Nangka. “Jadi 32 ton di Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung untuk ke Legok Nangka dan sebagiannya kami arahkan ke Cijeruk," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Sekda untuk saat ini, Pemda Sumedang juga sudah menyiapkan 4 TPSA yaitu di Cibereum, Wado, Ujungjaya dan Cijeruk. Adapun TPSA Cijeruk kurang lebih 50 persen sudah digarap pembangunannya. “Ada 5 hektar lebih, setengahnya sudah dibangun dan kemarin kami sudah berkomunikasi dengan kementerian PU. Insyaallah tahun ini akan dituntaskan," jelasnya.

Asep Ganeas,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar