• Sabtu, 16 Oktober 2021

Kemenag Kab. Garut Gelar Binwin Pra Nikah Bagi 40 Calon Pengantin

Kemenag Kab. Garut Gelar Binwin Pra Nikah Bagi 40 Calon Pengantin Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam mengadakan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Remaja Usia Nikah Angkatan Ke- 5, Rabu (15/09) DOK

Garut,TarungNews.com - Dalam upaya meningkatkan kualitas keluarga di kalangan masyarakat, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam mengadakan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Remaja Usia Nikah Angkatan Ke- 5, Rabu (15/09) kemarin.

Kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah bagi Remaja usia nikah ini dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Bayongbong dengan diikuti sebanyak 40 pasangan calon pengantin.

Menurut Kepala KUA Kecamatan Bayongbong, H. Aat S, kegiatan ini sangat tepat bagi remaja usia nikah.

"Anak muda harus bisa mensikapi persoalan yang dinamis di era informasi yang berkembang. Pernikahan kapan saja bisa dilangsungkan namun para remaja harus mengetahui dan harus bisa menentukan kapan akan melangsungkan pernikahan dalam usia ideal,” ungkapnya.

Untuk mencegah terjadinya pernikahan dini, lanjut Kepala KUA ini penting dilakukan untuk mengurangi dampak buruknya seperti melajunya angka perceraian,  angka kematian ibu dan melajunya angka kematian bayi.

“Sebuah pernikahan harus dipersiapkan secara matang oleh calon pengantin. Sebab berdasarkan fakta banyak terjadi perceraian di usia perkawinan yang masih muda disebabkan kurangnya pengetahuan dan persiapan yang matang, maka kebanyakan korbannya adalah wanita,” ucapnya.

Kegiatan bimbingan perkawinan seperti ini juga tengah digelar di beberapa kecamatan, diantaranya Kecamatan Sukaresmi, Cisurupan, Pasirwangi dan Samarang yang diikuti 102 pasangan yang dilakukan secara zoom meeting dengan tetap mengedepankan Protokol Covid-19,' pungkasnya.

UU No. 16 Th 2019 sebagai perubahan atas UU No. 1 Th 1974 tentang Perkawinan telah menaikkan usia minimal kawin perempuan dari 16 tahun menjadi 19 tahun. Dengan demikian, usia kawin perempuan dan laki-laki sama-sama 19 tahun.

Adam Bagaskara/Alam-tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar