• Sabtu, 16 Oktober 2021

Pangdam III/Siliwangi Hadirkan Incinerator Untuk Atasi Limbah Berbahaya

Pangdam III/Siliwangi Hadirkan Incinerator Untuk Atasi Limbah Berbahaya Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto, di Rumkit Tk. III Ciremai, di Jalan Kesambi No. 237 Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/10/2021). Pendam III/Siliwangi

Cirebon,TarungNews.com - Masyarakat Kota Cirebon kini tidak perlu khawatir dampak dari adanya limbah medis yang sudah menjadi sampah, pasalnya di Kota Cirebon telah memiliki Incinerator.

Incinerator yang merupakan alat untuk melebur atau menghancurkan alat-alat kesehetan yang sudah menjadi limbah medis, kini telah dimiliki oleh Rumah Sakit Tingakt III Ciremai, Kota Cirebon.

Peresmian penggunaan incinerator ini dilakukan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto, di Rumkit Tk. III Ciremai, di Jalan Kesambi No. 237 Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/10/2021).

Usai penandatanganan batu prasasti, Pangdam III/Slw mengatakan, kedatangan dirinya untuk meresmikan fasilitas Rumkit Tk III Ciremai, diantaranya Instalansi Incinerator, Instalasi Radioterapi, Instalasi Gizi, serta Perkantoran dan Mess Rumkit.

“Incinerator adalah suatu alat untuk melebur atau menghancurkan alat-alat kesehetan yang sudah menjadi limbah medis. Pasalnya, bila limbah dibuang sembarangan ke sungai atau dibuang kemana-mana akan mengakibatkan bahaya pencemaran,” katanya.

"Sehingga pemerintah memberikan kepada Rumkit Ciremai untuk membangun Incinerator, dengan adanya alat tersebut, limbah-limbah yang ada di Rumkit ini bisa dihancurkan disini. Kemudian, setelah hancur menjadi debu, abunya bisa dibuat untuk menjadi bahan batako," tambahnya.

Selain Incinerator, kata Pangdam meresmikan Radioterapi, yaitu alat bagi masyarakat yang akan penyembuhan kanker, sehingga masyarakat Kota Cirebon yang memerlukan pelayanan kesehatan tidak perlu lagi ke kota lain.

"Mudah-mudahan masyarakat yang saat ini mengidap penyakit kanker bisa disembuhkan di salah satunya di Rumkit Ciremai ini,” pungkas Pangdam III/Siliwangi

Yud,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar