• Kamis, 25 Juli 2024

Penjabat Bupati Garut Ajak Kolaborasi Untuk Majukan Pariwisata

Penjabat Bupati Garut Ajak Kolaborasi Untuk Majukan Pariwisata Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, melakukan kunjungan ke dua objek wisata di Kabupaten Garut, yaitu Situ Bagendit Kecamatan Banyuresmi dan Lamping Cirorek Kecamatan Cilawu. (Humas Pemkab Garut)

Garut,TarungNews.com - Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, melakukan kunjungan ke dua objek wisata di Kabupaten Garut, yaitu Situ Bagendit Kecamatan Banyuresmi dan Lamping Cirorek Kecamatan Cilawu.

Barnas menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mengoptimalkan potensi pariwisata Garut, sebuah daerah yang kaya akan destinasi wisata. Ia mencatat bahwa kedua objek wisata tersebut menawarkan pengalaman yang unik, dengan Situ Bagendit menawarkan keindahan danau sementara Lamping Cirorek dikelilingi oleh pegunungan pinus yang menakjubkan.

“Oleh karena itu kita akan coba nanti bagaimana mengkonsep agar kedua tempat ini lebih baik, jadi mulai dari infrastruktur jalan, lalu kemudian bagaimana perparkiran, lalu Bagaimana tamu ini bisa lebih nyaman lagi di tempat seperti ini," ujar Barnas didampingi Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Mia Herlina, dalam keterangannya seusai berkunjung ke Lamping Cirorek.

Barnas juga mendorong inovasi di sektor pariwisata serta mempromosikan viralisasi dari masyarakat untuk meningkatkan popularitas tempat wisata di Garut.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan selama libur lebaran. Bahkan, pihaknya menyiapkan jauh-jauh hari sebelum Hari Raya Idulfitri 1445 H, melalui berbagai upaya dan strategi, agar para wisatawan mendapatkan keamanan dan kenyamanan ketika berkunjung ke Kabupaten Garut.

Barnas menjelaskan bahwa kolaborasi telah dilakukan dengan berbagai pihak terkait, termasuk TNI, Polri, kecamatan, desa, tokoh masyarakat, dan pengusaha untuk memberikan pelayanan prima kepada pengunjung.

"Termasuk kita juga ini bicara dengan para pengusaha kira-kira bagaimana agar masyarakat itu bisa merasakan kenyamanan, dan juga bisa memberi edukasi kepada masyarakat lainnya untuk hadir ke tempat ini, ya tentunya memberi pelayanan prima," ucapnya.

Diharapkan dengan kolaborasi antara pemerintah dan semua pihak terkait, industri pariwisata di Garut dapat terus berkembang dan menghadirkan destinasi pariwisata yang terintegrasi.

“Mudah-mudahan dengan nanti wisata yang sekali jalan itu bisa ada beberapa momen yang bisa diambil, apalagi sekarang ini kan masyarakat itu ingin momen-momen yang lain daripada yang lain," harapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Situ Bagendit Disparbud Kabupaten Garut, Wawan Kulnaedin, menuturkan, selama libur lebaran dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, objek wisata Situ Bagendit mencapai 3 ribu orang lebih, di mana puncak pengunjung terjadi pada hari Kamis (11/04/2024), dengan jumlah pengunjung berkisar di angka 2 ribu orang. (Humas Pemkab Garut)

Red,tarungnews.com

 

Bagikan melalui:

Komentar