• Kamis, 25 Juli 2024

Pemkot Bandung dan ITB Berkolaborasi Atasi Permasalahan Sampah

Pemkot Bandung dan ITB Berkolaborasi Atasi Permasalahan Sampah Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono menerima kunjungan kerja sama ITB di Balai Kota Bandung, Rabu (17/4/2024). Humas Kota Bandung

Bandung,TarungNews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Institut Teknologi Bandung (ITB) akan berkolaborasi mengatasi permasalahan sampah di Kota Bandung. ITB siap mengedukasi warga terkait pengelolaan sampah.

Hal itu terungkap saat Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono menerima kunjungan kerja sama ITB di Balai Kota Bandung, Rabu (17/4/2024).

Pegiat Lingkungan ITB Indria Diah Pratiwi menyampaikan, ada sejumlah solusi dalam penanganan samph di Kota Bandung.

“Pendekatan yang coba kami lakukan itu tidak hanya ambil sampah terus dibawa ke satu lokasi, tetapi menitikberatkan pada edukasinya,” katanya.

Menurut Indria, pihak yang bertanggung jawab dalam menangani sampah adalah sumber sampah tersebut.

“Kami Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB memiliki beberapa mitra dalam penanganan sampah komersil di Kota Bandung. Salah satunya adalah hotel bintang 5. Kami mengedukasi dengan cara menjelaskan bahwa dalam pengolahan sampah ini tetap yang bertanggung jawab adalah sumbernya,” ucapnya.

Penggiat lingkungan ITB lainnya Ramadhani Eka Putra menyampaikan, solusi penanganan sampah di Kota Bandung dengan cara mengedukasi sejak pendidikan anak usia dini (PAUD).

“Salah satu solusi penanganan sampah yang sudah kami (SITH) terapkan adalah dengan mengedukasi ke PAUD, sekolah dasar dan tingkat selanjutnya,” ujarnya

Menurutnya, mengedukasi sejak usia dini akan lebih efektif karena mereka belum memiliki kesadaraan ego yang tinggi sehingga bisa mudah diedukasi.

“Ke depannya kami akan mengusahakan kepanduan lingkungan sejak PAUD. Semacam Pramuka,” katanya.

Pada pertemuan itu, ITB juga meminta untuk membuat pilot project pengelolaan sampah di salah satu pasar di Kota Bandung.

Menanggapi hal tersebut, Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono memberikan lampu hijau kepada SITH untuk pengeleolaan sampah kompos di salah satu pasar sebagai pilot project.

“Baik akan saya izinkan piloting project pengelolaan sampah kompos. Kemungkinanan antara Pasar Gedebage atau Pasar Caringin,” ucapnya.

Bambang berharap, ITB bisa mencarikan solusi karena Pemkot Bandung juga memiliki keterbatasan.

“Masalah sampah ini tidak akan selesai jika hanya dari Pemerintah saja, karena membutuhkan peran dari berbagai stakeholder," ujarnya. (Humas Kota Bandung)

Red,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar