Minggu, 29 Maret 2020 | 23:05 WIB



Daerah

Wakil Bupati Garut Lakukan SIDAK Ke Puskesmas Talegong

Minggu, 23 Februari 2020 | 19:02 WIB - by Alam/Asep Beo,tarungnews.com - 151 pembaca

Garut,TarungNews.com - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman melakukan inspeksi mendadak (SIDAK) ke pusat kesehatan masyarakat (PUSKESMAS) Talegong. Dalam Sidaknya Wakil Bupati menyebutkan, "Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) mempunyai tugas untuk melaksanakan kewajiban kesehatan dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan diwilayah kerjanya.

Untuk itu, diperlukan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) Puskesmas guna mendukung Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK), "ungkapnya pada Sidak di Puskesmas Talegong Desa Sukamulya Kecamatan Talegong (22/02).

Wakil Bupati memaparkan, "Puskesmas juga dituntut untuk bisa melakukan pendekatan keluarga yang mengintegrasikan upaya kesehatan perorangan (UKP) secara berkesinambungan dan pegawai Puskesmas harus memahami apa yang menjadi indikator dalam mencapai keluarga sehat selain kewajiban meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (PERMENKES) No. 39/2016.

Indikator-indikator tersebut diantaranya; Gizi kesehatan ibu dan anak, Pengendalian penyakit menular dan tidak menular, Indikator terkait lingkungan sehat serta indikator kesehatan jiwa," pungkas Wakil Bupati dalam Sidak ini.

Alam/Asep Beo,tarungnews.com