Jumat, 25 September 2020 | 00:15 WIB



Daerah

Rakor TKSK Kersamanah Serta Pembinaan Inovasi Dan Kreatifitas Karang Taruna

Rabu, 5 Agustus 2020 | 22:43 WIB - by Alam,tarungnews.com - 706 pembaca

Garut,TarungNews.com - Rapat koordinasi karang taruna tingkat Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut usai dilaksanakan hari Senin (3/8) kemarin di Aula Kantor Kecamatan, Jl. Raya Bandung-Tasik, Kecamatan Kersamanah.

Usai Rakor acara dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan Karang Taruna yang diselenggarakan oleh (TKSK) Kecamatan kersamanah. Bertindak sebagai pembina dan moderator dalam agenda tersebut diantaranya Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Garut, Drs. Ade Hendarsyah, M.M dengan didampingi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kersamanah, Ai Nuraisyah, SE yang juga bertindak sebagai pihak penyelenggara beserta Ketua Karang Taruna Kecamatan, Drs. Asep Nasrudin.

Salah seorang Ketua Karang Taruna Desa Sukamerang, Tomi mengatakan, saya sangat bangga menjadi bagian dari organisasi karang taruna. Sebagai karang taruna kami bisa berpartisifasi secara langsung ikut membantu memajukan daerah.

Tomi melanjutkan, dengan adanya kegiatan pembinaan ini saya dan teman merasa senang sekali, karena dari kegiatan ini kami dapat memahami banyak tentang peran serta sebagai relawan sosial di organisasi karang taruna.

Penerangan dari TKSK dan pihak karang taruna Kecamatan Kersamanah sungguh memberikan inspirasi dan motivasi bagi kami guna mencapai perbaikan-perbaikan melalui membangun kekompakan dan kebersamaan, membuat program-program yang inovatif untuk masyarakat dan berpikir kreatif agar dapat mensejahterakan masyarakat," kata Tomi menirukan yang disampaikan mentor dalam acara.

Dalam kegiatan pembinaan tersebut ada juga unjuk product yang pertunjukan oleh salah seorang anggota dari Karang tarun Desa Sukamaju, saudara Gilar.

Tomi memaparkan, Gilar unjuk product ekonomi. kreatif membuat Pot bunga dari handuk bekas, product Tas dan Piring dari limbah kemasan Ale-ale, product Karpet dari limbah bungkus kopi sachet dan membuat Besek dari anyaman bambu.

TKSK Kecamatan Kersamanah, Ai Aisyah menyebutkan, usai Rakor dan pembinaan karang taruna di Aula Kecamatan kami langsung melanjutkan kegiatan pembinaan karang taruna ke desa-desa yang ada di wilayah Kecamatan Kersamanah.

Ia menjelaskan, karang taruna adalah organisasi sosial dan sebagai salah satu pilar sosial di Kementrian  Sosial RI yang mana Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) TKSK adalah membina potensi sumber kesejahtraan sosial (PSKS) dan memfasilitasi penyandang masalah kesejahtraan sosial (PMKS)

Ai menambahkan, unsur didalam PSKS diantaranya disebutkan Karang Tarun, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Organisasi Sosial (ORSOS) atau Lembaga Sosial seperti Panti Asuhan, LPK berbasis sosial dan Yayasan Sosial.

Didalam PMKS terdapat 26 jenis, diantaranyaFakir Miskin, Disabilitas, Lansia Non Produktif, Orang Terlantar, dan lain-lain. Bagi ingin mengetahui lebih rinci tentang PMKS boleh mengaksesnya melalui fasilitas goggle," pungkas Ai.

Sementara itu saat dikonfirmasi tim tarungnews.com, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Garut mengungkapkan rasa bangganya terhadap karang taruna ini.

Saya bangga terhadap karang taruna yang mau membantu mensejahterakan masyarakat, karenaciri-ciri daerah yang berpotensi maju itu apabila di desa-desa dan kampung-kampungnya masih banyak para pemuda karang taruna yang berpikir kreatif dan inovatif bagi terciptanya kemajuan," ungkap Kadinsos.

Ia melanjutkan, saya ingin agar karang taruna di tingkat desa dan kecamatan lebih terbina lagi dan berpacu untuk saling memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat sekitar," pungkasnya.

Alam,tarungnews.com Biro Garut