Sabtu, 31 Oktober 2020 | 17:38 WIB



Head Line

Parbud & Promo Garut Community Dorong Mandalakasih Jadi Desa Emas Provinsi Jabar

Rabu, 23 September 2020 | 23:30 WIB - by Alam,tarungnews.com - 4.024 pembaca

Garut,TarungNews.com - Leuwi Enis merupakan muara tempat bertemunya dua sungai, yaitu Sungai Cikelebuh dan Sungai Cikaso yang terletak di ujung Desa Mandalakasih Kecamatan Pameungpeuk, Garut.

Keindahan alam dan potensi lainnya yang tersaji menjadi daya tarik tersendiri bagi Leuwi Enis untuk dijadikan Obyek Wisata unggulan di Jawa Barat.

Optimis akan potensialnya Leuwi Enis bisa dijadikan ikon unggulan pembangunan masyarakat melalui kepariwisataan Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Garut dalam hal ini Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan melakukan pemantauan khusus di lokasi yang langsung dipimpin Kepala Dinas pada Selasa (22/9) kemarin.

Walaupun harus menempuh perjalanan sepanjang 1000 meter dengan kondisi jalan tanah yang becek dan licin akibat guyuran hujan tidak menyurutkan tim dari Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Garut serta Promo Garut Community untuk meninjau dan mendalami aspek-aspek berbagai potensi yang ada di Sungai Leuwi Enis.

Saat wawancara dengan tarungnews.com Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Kadisparbud) Kabupaten Garut, H. Budi Gan Gumilar, SH, MH ("BGG") menyampaikan, " sebetulnya saya menunggu respon dari setempat untuk mengangkat potensi ini secara bersama-sama dengan masyarakat. Sudah dari dulu saya mendengar keberadaan tempat ini tepatnya sejak saya sering mengunjungi Pantai Sayang Heulang pada tahun 2015 yang lalu," ungkap Kadis.

Alhamdulillah sekarang ada respon yang luar biasa dari Kepala Desa Mandalakasih ingin menjadikan Leuwi Enis ini sebagai tempat wisata yang memiliki eksotis tinggi,"  ucap BGG.

Ia melanjutkan, "sejak pertama kali menginjakan kaki disini saya terpesona takjub dengan potensi luar biasa yang dimiliki Sungai Leuwi Enis ini. Permukaan air terhampar luas dan lapang dengan kedalaman normal 2 sampai 3 meter pada biasanya, kejernihan air yang relatif jernih serta sapuan angin kas pantai dan disini terdapat beberapa pulau yang refresentatif untuk bisa dikemas menjadi destinasi yang saling melengkapi di obyek wisata Leuwi Enis.

Sebagai pesan BGG mengatakan, "potensi yang luar biasa ini butuh keterlibatan langsung dari masyarakat sedikit demi sedikit mulai membangun sambil menata untuk pengembangan selanjutnya.

Ia pun pun menyarankan supaya terbangun koordinasi dan kolaborasi antara Desa dengan Masyarakat agar sumber daya pariwisata yang potensial ini terbangun dengan bagus dan smaksimal.

Kedepannya pihak pemerintah daerah dalam hal ini kami Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan akan support di tahun anggaran 2021. Insya Allah akan kita bantu sebagai bahan untuk mendongkrak motivasi Kades, Pemerintah Desa termasuk Masyarakat untuk bisa membangun lebih bagus lagi," kata Kadis dibibir Leuwi Enis dengan didampingi Kades Mandalakasih, Iwan Darmawan dan Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Garut.

Disparbud Garut mendorong Desa Mandalakasih ini sebagai desa wisata yang masuk pada salah satu program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu program Desa Emas. Untuk itu mari kita wujudkan Desa Emas Berbasis Wisata di Desa Mandalakasih," kata salah seorang dari Promo Garut Community.

Alam,tarungnews.com - Biro Garut