Sabtu, 31 Oktober 2020 | 17:23 WIB



Head Line

Rapat Analisis Kebutuhan Data & Big Data Kelautan Dan Perikanan

Sabtu, 26 September 2020 | 12:18 WIB - by Alam,tarungnews.com - 2.654 pembaca

Kab.Garut,TarungNews.com - Wakil Ketua Komisi Pemangku Kepentingan Dan Konsultasi Publik (KPK2P) Bidang Dunia Usaha di Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) RI, Agnes Marcelina hadiri rapat analisis yang digelar pihak KKP-RI di Yogyakarta pada Rabu (16/9) pekan lalu

Pihak yang menjadi peserta pada rapat analisa kebutuhan data untuk percepatan pembangunan perikanan budidaya tersebut diantaranya Esselon 2 DJPB dan seluruh Kepala Balai Budidaya Se- Indonesia.

Agnes menyebutkan, Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dari KPK2P itu sendiri diantaranya adalah memberikan usulan kepada Menteri atas kajian implementasi peraturan menteri (Permen) yang dikeluarkan oleh KKP-RI.

Ia memaparkan, "dalam kesempatan itu juga dilakukan Field Trip ke tambak ikan nila di Desa Wonokerta yang juga sekaligus Pasar Ikan Garongan yang menjual ikan nila untuk kebutuhan Yogyakarta dan Magelang.

Tambak tersebut dikelola oleh kelompok usaha bersama Mina Taruna dengan menyewa lahan milik desa. Model percontohan tambak seperti ini sangat bagus karena mulai dari Pendederan, Pembesaran sampai dengan pemasaran dilakukan dilokasi yang sama," ungkapnya.

Ia kemukakan kepada tarungnews.com pada Jum'at (25/9) malam, "budidaya disana tingkat keberhasilannya sudah tinggi sehingga masyarakat petambak yang menjadi anggota dari kelompok tersebut mendapatkan pemasukan rutin sebagai sumber ekonomi keluarga.

Selanjutnya dalam rangkaian kegiatan tersebut ada juga Mina Padi Samberembe. Agnes menjelaskan, "Mina Padi Samberembe adalah suatu usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sekaligus digunakan sebagai kolam untuk budidaya yang memaksimalkan tanah sawah.

Dengan demikian Mina Padi meningkatkan efisiensi lahan karena dalam satu lahan secara sekaligus dapat dijadikan sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian dan perikanan," kata Agnes Marcelina yang juga politisi dan sekarang menjabat sebagai Ketua Bidang Perlindungan TKI periode 2020-2025 di DPP Gerindra

Ia menerangkan lebih lanjut, "selain padi bisa juga ditanami dengan tanaman holtikultura lain, misalnya Mina Cabai, Mina Timun, Mina Tomat, Mina Semangka dan yang lainnya.

Desa wisata di Samberembe, Sleman adalah contoh keberhasilan kolaborasi antara Pertanian, Perikanan dan Pariwisata," pungkasnya.

Alam,tarungnews.com/Biro Garut