Rabu, 20 Januari 2021 | 04:58 WIB



Head Line

Bupati Sebutkan 3 Nama Dengan Nilai Teratas Pada Seleksi Calon Sekda Garut

Selasa, 12 Januari 2021 | 21:03 WIB - by Alam,tarungnews.com - 1.161 pembaca

Garut,TarungNews.com - Beberapa calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut kini memasuki penilaian karya tulis. Karya tulis dengan nilai tertinggi bahkan mulai diumumkan Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP pada hari ini, Selasa (12/1).

Menurut Bupati, yang dinilai Panitia Seleksi (Pansel) untuk para calon Sekda Garut ini diantaranya menitikberatkan pada gagasan-gagasan penyusunan APBD dan Inovasi pengefektifan SPIP.

“Karya tulis ini saya sudah minta ke Pansel untuk melakukan penilaian dari hal yang berhubungan dengan bagaimana Gagasan-gagasan dalam rangka penyusunan APBD, Gagasan-gagasan dan inovasi dalam mengefektipkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Hal yang berhubungan dengan inovasi secara umum dan bagaimana pola pikir, literatur dan referensi lain-lainnya yang digunakan dalam penulisan itu,” ungkap Bupati pada Selasa, pagi tadi.

Masih kata Bupati, penilaian Pansel yang berhubungan dengan karya tulis nantinya akan dihubungkan sebagai bahan wawancara. Untuk penialain ini, Bupati mengaku memiliki tiga Guru Besar.

“Untuk hal ini, Panselnya agak lebih ketat. Kita mempunyai tiga Guru Besar, satu Kepala BKD Provinsi Jawa Barat, dan satu Psikolog senior. Karena saya mensyaratkan nilai kecuali rekam jejak harus 8,” katanya.

Bupati mengungkapkan lebih lanjut, untuk nilai karya tulis calon Sekda Garut yang nilainya 8 hanya satu orang. Sementara sisanya yang lima orang lagi meraih nilai dibawah 8.

“Kesatunya saudara Nurdin Yana dengan nilai diatas 8. Yang keduanya saudara Basuki Eko, dan yang ketiganya saudara Budi Gan Gan,” tandas Bupati. 

Sementara itu berbagai komentar pun bermunculan pasca Bupati memaparkan nilai karya tulis calon Sekda.

Termasuk Penasihat Sinergi Nawa Cita Indonesia (SCNI), H. Anton Heryanto, S.IP. Ia menilai, Nurdin Yana dikenal sebagai sosok Birokrat yang santun, cerdas dan low profile. Beliau (Nurdin Yana ...red) bukan sosok birokrat yang suka ikut ikutan berpolitik praktis sehingga lupa bahwa ASN itu tugasnya melayani masyarakat bukan ingin menjadi penguasa.

“Saya rasa Nurdin Yana cocok menjadi Sekda Garut,” singkat mantan birokrasi handal di Kabupaten Garut ini melaui aplikasi WA messenger.

Alam/tarungnews.com Biro Garut