Kamis, 21 November 2019 | 23:38 WIB



Lingkungan

Penanganan Kerusakan Lingkungan Butuh Solusi Komplek

Senin, 21 Oktober 2019 | 23:46 WIB - by dg/rjs,tarungnews.com - 97 pembaca

Lintas Jabar,TarungNews.com - Berbagai kerusakan lingkungan di beberapa daerah di Jabar, terjadi beragam. Kerusakan bisa berupa pencemaran di sungai dan kerusakan hutan. Untuk penanganannya juga membutuhkan solusi yang komplek.

Demikian pokok penjelasan dari Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Jajang Rohanda, dalam audiensi dengan komunitas pemerhati lingkungan hidup.

Jajang, dalam keterangannya memaparkan kerusakan lingkungan yang terjadi di beberapa daerah ditenggarai karena sistem tata kelola pemerintahan  yang kurang berjalan maksimal.

Dengan demikian, untuk solusinya membutuhkan penyelesaian yang komprehensif. Berbagai solusi yang harus dilakukan jelas Jajang di beberapa daerah terutama lahan hutan yang gundul harus segera dibuat program reboisasi.

Reboisasi penting untuk dilakukan, agar daerah resapan air bisa dipertahankan.

Berkenaan dengan kerusakan lingkungan di Sungai Citarum perbaikan teknis harus dimulai dari hilir. Di lokasi ini, diperlukan fasilitasi alat tangkap sampah dan alat tangkap lumpur.

Solusi lain, yaitu rekayasa sosial juga diperlukan. Langkah yang bisa disiapkan yaitu upaya menyadarkan masyarakat untuk tidak merusak lingkungan.

Dengan solusi ini, ujar Jajang aksi buang limbah masyarakat  ke sungai dapat dihindari.

dg/rjs,tarungnews.com