Selasa, 31 Maret 2020 | 12:55 WIB



Lingkungan

Dukung Citarum Harum Ribuan Pohon siap Ditanam

Minggu, 15 Desember 2019 | 22:45 WIB - by Feer,tarungnews.com - 214 pembaca

Lintas Jabar,TarungNews.com - Program pemulihan dan penanganan sungai Citarum, saat ini terus dilakukan, setelah Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum diterbitkan serta Peraturan Gubernur Nomor 28 tahun 2019 tentang Rencana Aksi Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Ailiran Sungai (DAS) Citarum ditetapkan.

Pemulihan sungai Citarum, saat ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah saja tetapi telah melibatkan TNI/ Polri, elemen masyarakat, pengusaha hingga para mahasiswa dan pelajar, tetapi program ini juga didukung oleh partai politik. Seperti yang dilakukan PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat yang terjun secara inisiatif guna membantu program pemerintah ini.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono mengatakan, pihaknya sangat mendukung program Citarum Harum serta berkomitmen untuk mengawal pemulihan DAS Citarum melalui berbagai kegiatan yang sudah dirancang, salah satunya dengan melakukan penanaman pohon.

"Sebagai partai pelopor mendukung program Citarum Harum, kita akan melakukan penanaman pohon di hulu sungai dan di 10 Kabupaten/Kota yang dilintasi sungai Citarum. Kita juga menggagas kawasan hutan dengan nama Leuweung Pajajaran," kata Ono, dalam Focus Group Discussion “Hutan Sebagai Simbol Peradaban”, di Hotel Grand Asrilia, Bandung  Jumat, (13/12) malam.

Menurut Ono, saat ini  PDIP Jawa Barat tidak menghadirkan politik berkeadaban dan berkebudayaan, dan bukan sekedar jabatan ataupun bagi-bagi kekuasaan, tetapi kita juga konsentrasi terhadap berbagai permasalahan hutan dan lingkungan hidup.

"Kita akan menggagas terwujudnya hutan Leuweung Pajajaran yang di dalamnya terdapat tanaman endemik khas Jawa Barat, kita akan menanam 150 jenis tanaman endemik Jabar," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ketut Sustiawan mengatakan, program ini sebagai bentuk hadirnya PDIP ditengah-tengah masyarakat serta memberi solusi terhadap berbagai persoalan masyarakat, khususnya terkait lingkungan.

"Isu lingkungan khususnya masalah DAS Citarum ini harus segera diselesaikan dan ini bagian dari tugas dan fungsi partai bersama pemerintah dan rakyat  dalam mewujudkan Citarum Harum dan penanaman pohon akan dilakukan kader PDIP," tegasnya.

Feer,tarungnews.com