• Selasa, 30 November 2021

Kembali Jalani Persidangan JPU, Bacakan Tanggapan Atas Eksepsi Pinangki

Kembali Jalani Persidangan JPU, Bacakan Tanggapan Atas Eksepsi Pinangki Pinangki Sirna Malasari menjalani sidang lanjutan di PN Tipikor Jakarta pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Rabu (21/10/2020) agenda sidang adalah tanggapan jaksa atas eksepsi atau nota keberatan Pinangki. (istimewa)

Jakarta,TarungNews.com – Dengan memakai busana muslim tersangka oknum jaksa Pinangki Sirna Malasari yang di dakwa telah menerima uang sebesar 500.000 dollar dari Djoko Tjandra, yang merupakan fee dari jumlah 1 juta dollar yang dijanjikan Djoko Tjandra.

Uang tersebut digunakan untuk membantu pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) melalui Kejagung agar pidana penjara dua tahun yang dijatuhkan ke Djoko Tjandra tidak dapat dieksekusi.

Pinangki Sirna Malasari menjalani sidang lanjutan di PN Tipikor Jakarta pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Rabu (21/10/2020) agenda sidang adalah tanggapan jaksa atas eksepsi atau nota keberatan Pinangki.

Dia memakai baju gamis panjang berwarna biru dongker dan berjilbab yang warnanya senada dengan baju. Saat memasuki ruang sidang, Pinangki didampingi sejumlah jaksa.

Setelah Pinangki duduk di kursi terdakwa, hakim menanyakan kesehatan Pinangki. Pinangki mengaku sehat dan siap mengikuti sidang.

"Sehat yang mulia," ujar Pinangki di ruang sidang.

Sidang pun dimulai. Jaksa penuntut umun (JPU) langsung membacakan tanggapan atas eksepsi Pinangki.

Pada sidang sebelumnya oknum jaksa Pinangki atas perbuatannya telah di kenakan pasal berlapis antara lain. Terdakwa telah melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan di jerat pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU.

Terdakwa Pinangki Sirna Malasari, didakwa telah melakukan pemufakatan jahat bersama tersangka lain (Djoko Tjandra dan Andi Irfan Jaya) yang telah menjanjikan sesuatu kepada penyelenggara negara agar memuluskan fatwa di MA. Dengan ini, Pinangki dijerat Pasal 15 jo Pasal 5 ayat (1) huruf a UU Tipikor subsider Pasal 15 jo Pasal 13 UU Tipikor.

Dar,tarungnews.com

 

 

 

 

 

Bagikan melalui:

Komentar