Jumat, 13 Desember 2019 | 12:08 WIB



Nasional

Mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan, Divonis 8 Tahun Penjara

Selasa, 11 Juni 2019 | 03:09 WIB - by Dar,tarungnews.com - 173 pembaca

Jakarta,TarungNews.com – Mantan Dirut Pertamina, Karen Galaila Agustiawan akhirnya di vonis majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, 8 Tahun penjara denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan, Senin (10/6/2019). Hakim menilai Karen terbukti bersalah dalam perkara korupsi terkait investasi Pertamina yang merugikan keuangan negara senilai Rp 568,066 miliar.

Demikian kata, ketua majelis hakim Emilia Djaja Subagja saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor. Dalam pertimbangan, hakim menilai perbuatan Karen tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas korupsi. Hakim menilai korupsi adalah kejahatan luar biasa.

Menurut majelis hakim, Karen juga tidak mengakui perbuatan dan tidak merasa bersalah. Namun, Karen dianggap berlaku sopan dan belum pernah dihukum. Karen terbukti mengabaikan prosedur investasi yang berlaku di PT Pertamina dan ketentuan atau pedoman investasi lainnya dalam Participating Interest (PI) atas Lapangan atau Blok Basker Manta Gummy (BMG) Australia tahun 2009.

Karen Galaila Agustiawan, terbukti melanggar Pasal 3 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Vonis hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut Karen, selama 15 tahun penjara dan membayar denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Dalam pertimbangan, JPU menilai perbuatan Karen tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas korupsi.

Dar,tarungnews.com