• Sabtu, 20 April 2024

Prajurit TNI Dari Paspampres Hajar Jawara Tinju Indonesia Hingga Tumbang

Prajurit TNI Dari Paspampres Hajar Jawara Tinju Indonesia Hingga Tumbang Alam Saputra (Pratu/TNI-AD) menghajar David Koswara hingga tumbang pada Petandingan Tinju Nasional Championship KTPI di Balai Sarbini, Jaksel.

Garut,TarungNews.com - Ada sebuah peristiwa penting dilingkungan militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang luput dari sorotan masyarakat.

Seorang prajurit TNI baru saja terlibat pertarungan melawan juara tinju nasional.

Dalam pertarungan satu lawan satu itu, juara tinju nasional bernama David Koswara tumbang akibat sebuah pukulan keras yang dilayangkan prajurit TNI tersebut. David Koswara dihajar hingga goyang dan dipaksa berlutut.

Prajurit TNI itu adalah Pratu Alam Saputra seorang anggota Polisi Militer (PM) dari Batalyon Pengawal Protokol Kenegaraan (Yonwalprotneg) Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Berdasarkan siaran resmi Puspom TNI Angkatan Darat, dilansir VIVA Militer, Selasa 6 April 2021, pertarungan antara David Koswara dengan Pratu Alam terjadi di perebutan sabuk juara Tinju Nasional Championships KTPI 2021 yang digelar di Balai Sarbini, Jakarta Selatan.

Pratu Alam bertarung dengan David Koswara dalam kelas berat heavyweight +90,7 kilogram. Pemegang ranking 8 kelas berat nasional itu berhasil mengalahkan David Koswara dalam dua ronde dengan TKO.

“Pratu Alam Syaputra personel Yonwalprotneg Paspampres petinju kelas berat ranking 8 nasional telah memenangkan TKO pada ronde kedua pertandingan Tinju Nasional Championships KTPI, heavyweight +90,7kg di Balai Sarbini Jakarta,” tulis Puspom TNI AD.

Dalam pertarungan itu, sejak awal ronde satu Pratu Alam terus memberikan tekanan kepada petinju senior Indonesia asal Purwokerto, Jawa Tengah itu. Dengan keunggulan tinggi badan, Pratu Alam bisa membuat David kerepotan menghadapi jab-jab tajam.

Di ronde kedua, Pratu Alam semakin melancarkan serangan. Variasi jab dan upper cut yang diperagakannnya akhirnya berhasil menembus pertahanan David Koswara. Sebuah pukulan keras dari Pratu Alam ke rusuk kanan David berdampak fatal. Pukulan itu membuat David berlutut dan akhirnya dinyatakan TKO oleh wasit.

Perlu diketahui, David Koswara bukan petinju abal-abal lho. Walau kini usinya tak muda lagi, tapi dia pernah merajai berbagai ajang tinju nasional di berbagai kelas.

Saat pertama kali turun ke dunia tinju pada 1998, merebut gelar juara kelas ringan 61 kilogram Indonesia, usai mengalahkan Maxi Karamoy dalam 12 ronde.

Kemudian pada 2000, David Koswara merebut gelar juara kelas welter 66 kilogram setelah mengalahkan Usman Zakaria, juga dalam 12 ronde.

Setahun kemudian David membungkam Harmen Ajadato dan merebut gelar juara PABA (Asia dan Pasifik) kelas menengah junior 69 kilogram. Pada 2003, David merebut gelar juara kelas menengah 72 dari tangan Thompson Tasli. Dan David juga pernah membela Indonesia dalam ajang tinju SEA Games 2013.

Red,tarungnews.com

 

Bagikan melalui:

Komentar