Rabu, 20 Januari 2021 | 05:12 WIB



Pendidikan

Pandemi Covid Belum Usai, Kadisdik Garut: Tenaga Pendidik Harus Disiplin 4 M

Selasa, 12 Januari 2021 | 10:59 WIB - by Alam,tarungnews.com - 958 pembaca

Garut,TaruNgnews.com - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.si mengatakan, pelaksanaan pembelajaran semester genap Tahun Pelajaran 2020-2021 belum bisa dilaksanakan secara tatap muka lantaran pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) belum berakhir.

Oleh karenanya, peran tenaga pendidik (guru) dituntut lebih kreatif saat melaksanakan metode pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring).

Hal itu kata Totong tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Garut  Nomor 420/42/Disdik tertanggal 8 Januari 2021.

“Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Garut relatif masih tinggi serta berdasarkan SE Bupati, Kami tekankan pembelajaran Daring dan Luring,” kata Totong melalui layanan aplikasi WhatsApp (WA), Senin (11/1/2021).

Menurut Dia, pihaknya mencoba mengkolaborasikan beberapa metode dengan strategi pembelajaran jarak jauh dan sistem belajar di rumah (Blended Learning).

Blended Learning adalah program pendidikan formal yang memungkinkan siswa belajar (paling tidak sebagian) melalui konten dan petunjuk yang disampaikan secara Daring dengan kendali mandiri terhadap waktu, tempat, urutan maupun kecepatan belajar.

“Blended Learning kombinasi antara Daring dan Luring seperti penguatan pembelajaran melalui radio komunitas, televisi, modul-modul pembelajaran, buku pelajaran, video pembelajaran, door to door dan guru inspiratif,” kata Totong.

Kepala Disdik menyebut, kombinasi metode tersebut harus dibarengi dengan kreativitas guru. Artinya, tenaga pendidik harus menyuguhkan inovasi dalam pembelajaran di era pandemi Covid-19.

“Kreativitas  guru akan sangat membantu dalam upaya motede pembelajaran jarak jauh,” ujarnya.

Tak hanya itu, seluruh pendidik juga harus tetap disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) 4M (Memakai Masker, Mencuci Tangan menggunakan sabun di air mengalir, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan).

“Tetap jalankan 4M dan tetap semangat, optimistis dan selalu bahagia agar imunitas tidak menurun,” kata Totong.

“Mudah-mudahan pandemi Covid-19 segera berlalu dan kita semua selalu ada dalam lindungan Allah SWT,” pungkas Kepala Disdik Garut.

Alam/Bang's - tarungnews.com Biro Garut