• Rabu, 14 April 2021

Program Bakti Padamu Guru (BATARU) Pemprov Jabar Diapresiasi Tenaga Pendidik

Program Bakti Padamu Guru (BATARU) Pemprov Jabar Diapresiasi Tenaga Pendidik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat meluncurkan program kredit rumah tinggal bersubsidi bagi penyelenggara pendidikan dengan nama Bakti Padamu Guru (Bataru). Humas Prov Jabar

Purwakarta,TarungNews.com - Para guru dan tenaga pendidik mengapresiasi dengan adanya program Bakti Padamu Guru (Bataru) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yaitu program kredit rumah tinggal bersubsidi bagi penyelenggara pendidikan mulai dari tingkat SMA, SMP, SD, dan PAUD di Jawa Barat.

Seperti dikemukakan Siti Munawaroh, guru SD Negeri Ciparung Sari, Kabupaten Purwakarta, menurutnya program Bataru ini sangat membantu keluarganya untuk mendapatkan rumah bersubsidi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Alhamdulillah dengan adanya bantuan atau program Bataru, kami yang ingin punya rumah sendiri dipermudah oleh pihak pengembang juga dari dinas terkait (Dinas Pendidikan)," ucapnya.

Siti mengaku, untuk mendapatkan rumah di Perumahan Benteng Mas Campaka, Kabupaten Purwakarta, tidaklah sulit, hanya dengan waktu kurang dari 1 bulan dirinya sudah bisa mendapatkan dan menempati rumah baru dengan cicilan sebesar Rp1.150.000 per bulan selama 15 tahun.

"Untuk memperoleh rumah ini, Alhandulillah kemarin proses cuma dua minggu dan sekarang kunci diterima," kata Siti, pada acara Pindahan Rumah Program Perumahan Bersubsidi Bakti Padamu Guru di Perumahan Benteng Mas Campaka, Kabupaten Purwakarta, Rabu (17/02/2021).

Siti mengaku, program Bataru dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat membantu dirinya sebagai guru untuk mendapatkan rumah baru dengan cicilan yang sangat terjangkau, setelah sebelumnya tinggal bersama orang tua.

"Alhamdulillah buat kami merasa terbantu. Sebelumnya tinggal bersama orang tua, ya namanya keluarga pengenlah punya rumah sendiri biar bisa mandiri," ujarnya

Hal yang sama juga dikemukakan Reky Mahendra Pradana, pengajar di SMK Yamaba, Kabupaten Purwakarta. Mahendra mengaku program Bataru sangat membantu dirinya sebagai guru honorer untuk mendapatkan rumah bersubsidi.

"Alhamdulillah saya sangat terbantu sekali, apalagi saya ini guru honor rumah ngontak, agak kesulitan juga untuk membeli rumah dan saya juga kesulitan kalau mengajukan perumahan sendiri karena saya masih honor," akunya.

Mahendra mengaku, dirinya mengetahui program Bataru ini saat Ulang Tahun Guru, dimana Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil menyatakan akan membantu para guru mendapatkan rumah dengan program Bataru.

"Pada bulan November pada saat itu ulang tahun guru, Alhamdulillah ada kabar dari Gubernur Pak Ridwan Kamil, akan membuka program Bataru, subsidi perumaham bagi para tenaga pendidik guru. Alhamdulillah segalanya dipermudah. Saya daftar ke KCD Wil 4 Prov Jabar berkas langsung saya masukkan dan Alhamdulillah lancar dan sangat cepat hanya waktu satu bulan saya langsung proses akad dan lolos dengan pihak bank juga," tuturnya.

Perlu diketahui bahwa di Jawa Barat terdapat sekitat 450.000 guru dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akan mendata siapa saja yang belum mempunyai rumah sendiri.

Dari sekitar 5.000 rumah yang disediakan untuk program Bataru,  dan dari 1.800 pemohon yang sedang mengajukan program ini, baru ada 250 pendaftar yang prosesnya sudah selesai.

Yud,tarungnews.com

 

Bagikan melalui:

Komentar