• Sabtu, 16 Oktober 2021

Disdik Kabupaten Garut Gelar FGD Terkait Literasi Masyarakat

Disdik Kabupaten Garut Gelar FGD Terkait Literasi Masyarakat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Totong mengapresiasi digelarnya kegiatan ini yang berkolaborasi dengan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rangka meningkatkan literasi di masyarakat. Photo diskomimfo kab garut

Garut,TarungNews.com - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut melalui Dinas Pendidikan (Disdik) yang diinisiasi oleh Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) terkait Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Literasi Masyarakat yang digelar di Ballroom Fave Hotel, Kabupaten Garut, Selasa, (28/9/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Totong mengapresiasi digelarnya kegiatan ini yang berkolaborasi dengan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rangka meningkatkan literasi di masyarakat.

“Masyarakat itu harus diberikan edukasi berkenaan dengan literasi mulai dari dasar literasi baca tulis baca tulis hitung atau bahasa, literasi sains, literasi numerasi, literasi budaya, literasi finansial, yang harus memang disampaikan ke masyarakat. Termasuk di lingkungan satuan pendidikan,” katanya.

Totong mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan rencana induk literasi yang ditunjang oleh Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sampai tahun 2025 nanti.

“Ya seterusnya kita harus mendorongnya dari sisi support ya supaya ada yang menarik misalnya ada Komunitas Mengeja, ini kan bagaimana mengembangkan performa tentang literasi masyarakat tadi. Menumbuhkan minat baca,” katanya.

Dikarenakan masih rendahnya tingkat minat baca atau literasi masyarakat di Kabupaten Garut, Totong akan gencar melakukan gerakan secara masif selama lima tahun ke depan untuk meningkatkan minat baca di masyarakat.

“Makanya dengan literasi masyarakat ini dengan rencana induk pengembangannya itu harus, ya, selama lima tahun, ya, harus kita ukur, harus kita lakukan upaya upaya kita, strategi kita dalam rangka bagaimana meningkatkan mendorong minat baca termasuk bagaimana melek literasi yang tadi kami sampaikan,” imbuhnya.

Red,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar