Jumat, 13 Desember 2019 | 11:56 WIB



Pendidikan

Kondisi Ideal Di Jabar 1 SMA/SMK Perkecamatan

Minggu, 15 September 2019 | 23:50 WIB - by dg/rjs,tarungnews.com - 125 pembaca

Lintas Jabar,TarungNews.com - Pemberlakuan UU No. 32 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, telah mengamanatkan pengelolaan  SMA/SMK, menjadi tanggung jawab Pihak Pemerintah Provinsi.

Peraturan tersebut, sudah ditindaklanjuti di Jabar mulai tahun 2017.

Selanjutnya, kebijakan tersebut, berimplikasi pada tergerusnya alokasi anggaran pada APBD Provinsi Jabar untuk sektor pendidikan mencapai 42 persen.

Sehubungan dengan kondisi tersebut, pemerataan pendidikan harus menjadi prioritas. Hal ini, diungkapkan Sekretaris Fraksi PAN DPRD Jabar, Hasbullah Rahmad dalam keterangannya kepada media pekan ini.

Hasbullah, dalam penjelasannya memaparkan pemerataan pendidikan saat ini harus menjadi prioritas. Melalui program pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, fasilitasi 1 SMA/SMK per Kecamatan merupakan salah satu jawaban untuk menyelesaikan persoalan "pemerataan pendidikan".

Hadirnya 1 SMK/SMA di tiap Kecamatan dapat menjadi solusi atas masalah zonasi dalam PPDB. Dengan adanya 1 SMK/SMA per Kecamatan semua siswa yang mempunyai prestasi bisa terfasilitasi bersekolah di SMA Negeri atau SMK Negeri, pangkas Hasbullah mengakhiri penjelasannya.

dg/rjs,tarungnews.com