Jumat, 22 November 2019 | 00:13 WIB



Pendidikan

Deden Saiful Hidayat, Dengan Inovasi Hilangkan Kejenuhan Jurusan di SMK

Senin, 4 November 2019 | 23:13 WIB - by rjs,tarungnews.com - 77 pembaca

Lintas Jabar,TarungNews.com – Masih banyaknya asumsi yang mengatakan banyak jurusan yang di anggap jenuh sebetulnya bisa di tepis oleh pihak sekolah dengan melakukan beragam inovasi. yang salah satunya inovasi membuat produk hasil karya siswa sesuai kompetensi keahlianya, demikian di katakan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Deden Saiful Hidayat, belum lama ini.

Menurut Deden, ada tata kelola yang di lakukan sekolah untuk mengubah statement tersebut dengan cara-cara strategis, yang tadinya di anggap jenuh seperti teknik computer jaringan, ternyata bisa menciptakan produk yang layak di pasarkan, ujar Deden Jumat (1/11/2019)

Seperti contoh inovasi yang dilakukan SMKN 11 Bandung yang mengadakan kegiatan “Ekspose SMK Rujukan”. Pada acara tersebut pihak sekolah memamerkan seluruh produk hasil karya siswa, mulai dari yang sesuai kompetensi keahlian hingga produk kewirausahaan. Bahkan ada beberapa produk yang sudah laku di pasarkan, baik melalui penjualan langsung maupun marketplace, ucap Deden menjelaskan.

Upaya yang dilakukan SMKN 11 Bandung patut dijadikan contoh/rujukan oleh sekolah lain. Ke depan, selaras dengan program kerja yang dicanangkan, bidang PSMK Disdik Jabar akan menjalankan program Sister School, yakni memaksimalkan fasilitas di satu sekolah dan menjadikannya sebagai sekolah rujukan agar bisa menjadi pusat pembangunan bagi SMK lainnya. kata Deden.

Deden pun mengajak seluruh penyelenggara pendidikan agar mampu bekerja sama guna memaksimalkan potensi yang ada di sekolah, khususnya kepala sekolah. "Potensi mereka (siswa) luar biasa dan ini sangat bergantung pada leadership yang dilakukan oleh kepala sekolah yang bisa menjalankan teamwork dengan baik," pungkas Deden.

rjs,tarungnews.com