Jumat, 13 Desember 2019 | 12:35 WIB



Pendidikan

Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 Resmi Digelar

Selasa, 19 November 2019 | 00:04 WIB - by rjs,tarungnews.com - 156 pembaca

Lintas Jabar,TarungNews.com – Kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 resmi digelar. Di halaman SMKN 6 Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung Senin (18/11/2019). Ajang ini di gelar di Kota Bandung dan Kabupaten Subang selama 4 hari 18-21 November 2019.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika, mengatakan ajang LKS ini bertujuan untuk memicu sekolah kejuruan agar bisa meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran sesuai kebutuhan dan tuntutan di dunia kerja. Selain itu, sekolah bisa meningkatkan kerja sama yang lebih erat antara lembaga pendidikan dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) dan asosiasi profesi, Ujar Kadisdik Jabar yang sekaligus membuka Kegiatan LKS SMK tingkat Provinsi Jabar 2019.

Menurut Kadisdik, LKS menjadi ajang bagi SMK untuk mempromosikan kualitas hasil kerja siswanya, selain itu dapat memupuk persahabatan dan kerja sama antar peserta didik sebagai wahana pengembangan keunggulan kerja bagi siswa SMK aga memiliki kompetensi sesuai dunia kerja, kata Kadisdik menjelaskan.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, melalui Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK), terus berupaya memperbaiki kualitas pendidikan dengan menyesuaikan kebutuhan dunia usaha dunia industri di era revolusi industri 4.0. Di antaranya, dengan menyediakan wadah bagi siswa untuk membuktikan potensi mereka melalui LKS.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Disdik Jabar, Deden Saepul Hidayat menjelaskan, ajang LKS ini juga untuk membekali peserta didik agar memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terintegrasi agar bisa bersaing di pasar global.

Oleh karena itu, pendidikan menengah kejuruan mengambil bagian guna mengembangkan sumber daya manusia yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian bangsa dan bisa bersaing di pentas global, Ujar Deden

Lebih jauh Deden menjelaskan, Siswa diharapkan memiliki kemampuan menggerakkan roda perekonomian negara sehingga dilakukanlah pengembangan pendidikan kreatif yang menjadikan peserta didik memiliki karakter, kompetensi, mandiri, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, dan berkewirausahaan, sesuai dengan tema lomba yang di angkat yaitu, Revitalisasi SMK Bermutu dan Berkarakter Kuat Menuju Jabar Juara Lahir Batin. Sehingga, ajang LKS ini sangat mendukung kompetensi yang dimiliki siswa dalam meraih prestasi setinggi-tingginya dan untuk meningkatkan kualitas SMK itu sendiri. pungkas Deden.

rjs,tarungnews.com