• Selasa, 30 November 2021

DPRD Jabar Sambut Baik Langkah Pemprov Jabar Anggarkan BTT Rp500 Miliar Untuk Atasi Bencana

DPRD Jabar Sambut Baik Langkah Pemprov Jabar Anggarkan BTT Rp500 Miliar Untuk Atasi Bencana Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari. (istimewa)

Bandung,TarungNews.com - Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, DPRD Jabar menyambut baik langkah Pemprov Jabar tersebut. "Kami menyambut baik Pemprov Jabar yang akan menganggarkan Rp500 miliar dari Biaya Tak Terduga atau BTT untuk antisipasi bencana menghadapi musim hujan," kata Wakil Ketua DPRD Jabar, Selasa (9/11/2021).

Seperti di ketahui Pemprov Jawa Barat mengalokasikan anggaran biaya tak terduga (BTT) sebesar Rp500 miliar untuk mengatasi dampak bencana alam seiring masuknya musim penghujan tahun ini. Pengalokasian BTT Rp500 miliar itu sesuai instruksi dalam permendagri Nomor 20 tahun 2020.

"Jadi memang dengan ada Permendagri (No 20 Tahun 2020) yang menyatakan bahwa BTT jadi perhitungan belanja yang harus dianggarkan. Selain untuk Covid-19 tapi juga termasuk bencana alam," ujar politisi perempuan dari Fraksi PDIP ini.

Ineu menuturkan, DPRD Jabar meminta masyarakat dan pemerintah daerah siap siaga atau waspada dalam menghadapi potensi bencana alam menyusul hujan yang terus mengguyur wilayah Jabar.

"Lebih kepada imbauan untuk siap siaga atau waspada menghadapi bencana alam, baik untuk masyarakat atau pemerintah. Saya harap masyarakat bisa waspada begitu pun pemda," tutur Ineu.

Kewaspadaan terhadap bencana alam, kata Ineu, harus disiapkan mengingat bencana alam akibat musim penghujan, seperti banjir dan tanah longsor telah terjadi di sejumlah wilayah di Jabar. "Saat ini, intensitas hujan hampir setiap hari seperti di wilayah Bandung. Sehingga, bagi warga atau masyarakat yang tinggal di daerah rawan harus berhati-hati dan waspada agar terhindar dari marabahaya bencana alam," pungkas Ineu.

Yud,tarungnews.com

 

Bagikan melalui:

Komentar