• Minggu, 2 Oktober 2022

Bendungan Cipanas di Sumedang Harus Memberikan Manfaat Luas Bagi Masyarakat

Bendungan Cipanas di Sumedang Harus Memberikan Manfaat Luas Bagi Masyarakat Anggota Komisi V DPR RI Fadholi saat kunjungan di Sumedang, Jawa Barat, Jumat (9/9/2022). Foto: Agung/Man

Sumedang,TarungNews.com - Anggota Komisi V DPR RI Fadholi menekankan bahwa Bendungan Cipanas yang berada di Sumedang, Jawa Barat, harus dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Untuk itu, ia berpesan agar proyek pembangunan tersebut dapat dirancang dengan baik.

Dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V kali ini di bendungan tersebut, Fadholi berharap manfaat dari bendungan seperti untuk saluran irigasi dapat dianalisis secara terukur. "Sebab bendungan ini dikatakan memberikan manfaat untuk aliran irigasi dan sekitarnya hingga sembilan ribu hektar," ungkapnya saat kunjungan di Sumedang, Jawa Barat, Jumat (9/9/2022).

Dipaparkan bahwa bendungan nantinya akan menopang kebutuhan air bagi irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu seluas 9.273 hektar. Bendungan juga direncanakan memiliki volume total 250,81 juta meter kubik yang sangat diharapkan oleh masyarakat terutama petani.

Mengenai besaran volume tersebut, Fadholi memberikan catatan, supaya debit air harus dihitung dengan studi yang mumpuni dan disediakan manajemen yang baik. Supaya kontinuitas aliran air bagi irigasi dan persediaan masyarakat dapat terjaga.

"Maka kami mintakan Balai Wilayah Sungai (BWS) nantinya akan membuat satu pengelolaan ini dengan baik," sebut Politisi fraksi Partai NasDem itu. Juga butuh diperhatikan pula apa saja kemanfaatan lain yang dapat diperoleh dari bendungan tersebut.

Salah satu kemanfaatan yang disebutkan oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ialah potensi wisata dari bendungan. Fadholi mengapresiasi ide tersebut yang tentunya meramaikan wilayah di sekitar bendungan yang akan berefek kepada roda perekonomian masyarakat setempat. 

Red,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar