• Kamis, 13 Juni 2024

Sekretariat Jenderal DPR RI Gelar Forum Bakohumas Bertajuk 'Redesain Website DPR RI'

Sekretariat Jenderal DPR RI Gelar Forum Bakohumas Bertajuk 'Redesain Website DPR RI' Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI menggelar Forum Tematik Bakohumas dengan bertajuk "Redesain Website DPR RI: Menyambut Periode 2024-2029", di ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, Jumat (3/5/2024). Humas Jabar

Jakarta,TarungNews.com - Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI menggelar Forum Tematik Bakohumas dengan bertajuk "Redesain Website DPR RI: Menyambut Periode 2024-2029", di ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Forum ini menghadirkan narasumber Kepala Pusat Teknologi dan Informasi DPR RI Drs. Djaka Dwi Winarko dan Dr. Sri Haryati selaku Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Biro Humas dan KSI dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Forum tematik ini dibuka oleh Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso dengan menyampaikan keynote speech sebagai bentuk komitmen DPR RI untuk terus meningkatkan pelayanan informasi terhadap masyarakat melalui website DPR RI.

"Website DPR harus didesain yang menarik serta diisi konten yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat agar website lebih informatif dan partisipatif bagi masyarakat," kata Agung.

Kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan tampilan baru website DPR RI yang lebih user friendly, informatif, serta partisipatif.

Dengan memiliki kanal website yang mempermudah masyarakat untuk menggapai informasi terkait produk DPR RI maka hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap DPR RI.

Redesain website yang dilakukan Setjen DPR RI tersebut merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang menyebutkan bahwa hak memperoleh informasi dan keterbukaan informasi merupakan ciri-ciri negara demokrasi yang menjunjung kedaulatan rakyat.

Sebagaimana diketahui, tahun 2024 adalah tahun periode baru keanggotaan DPR RI yang telah terpilih dalam pemilu legislatif tahun 2024.

Sekretaris Jendral DPR RI Indra Iskandar menginisiasi untuk memperbarui tampilan website DPR RI, mengingat kebutuhan masyarakat yang besar terhadap informasi terkait lembaga DPR RI.

Indra menjelaskan, dengan menghadirkan tampilan yang mudah dan modern maka akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam sistem demokrasi melalui lembaga DPR RI.

"Kami berharap dengan adanya Redesain Website DPR ini dapat menjadi wadah aspirasi masyarakat sehingga publik pengguna dapat merasakan pengalaman yang baru dan berbeda yang tentunya pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan pengguna (user friendly)," ucapnya.

Turut hadir Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong sebagai ketua Bakohumas, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar serta para pejabat di lingkungan Setjen DPR RI.

Red,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar