• Minggu, 5 Desember 2021

Menparekraf Sandiaga Uno: Kontribusi Ditengah Pandemi Tembus Rp9.000 Triliun.

Menparekraf Sandiaga Uno: Kontribusi Ditengah Pandemi Tembus Rp9.000 Triliun. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno (istimewa)

Bandung,TarungNews.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno membeberkan, UMKM memiliki peran penting dalam menopang ekonomi Indonesia meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19. Buktinya, UMKM tercatat mampu berkontribusi hingga hampir Rp9.000 triliun.

"UMKM jadi semangat kita, karena di tengah pandemi kontribusinya justru semakin meningkat, mencapai hampir Rp9.000 triliun. Jadi kita lakukan berbagai langkah untuk membangkitkan UMKM ini," jelas Menparekraf Sandiaga dalam webinar Trijaya bertajuk UKM Indonesia Goes To Bandung, Sabtu (20/11/2021).

Dalam webinar yang mengusung tema "Lejitkan Omzet Saat Pandemi" itu, Sandiaga mengatakan, melandainya penyebaran Covid-19 jangan sampai memicu euforia. Sebaliknya, Sandiaga meminta kondisi tersebut harus disikapi dengan kewaspadaan.

Menurutnya, dibukanya kembali destinasi wisata dan sentra ekraf menjadi secercah harapan bahwa sektor parekraf akan segera pulih dan membuka lapangan kerja. Pasalnya, sekitar 35 juta masyarakat Indonesia menggantungkan hidupnya pada sektor ini, agar perekonomian nasional kembali bangkit.

Sandiaga juga mengatakan, seiring pandemi yang terkendali, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ingin mendorong UMKM bangkit dan pulih mengingat UMKM merupakan pencipta 97 persen lapangan kerja dan 62 persen penggerak ekonomi nasional dimana 70 persen pelaku UMKM bergerak di bidang parekraf.

 "Kita dorong tidak hanya sekedar bertahan, tapi berkembang dan menjadi pemenang, sehingga menjadi pandemi winner. UMKM menjadi semangat kita karena ternyata di tengah pandemi kontribusinya justru meningkat, sudah sampai Rp9.000 triliun," ucap Sandiaga.

Sandiaga pun kembali menitipkan empat etos kerja yang kerap dia ingatkan kepada para pelaku usaha, khususnya UMKM, yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. "Empat etos kerja itu adalah kunci sukses dalam melakukan usaha," tandas Sandi.

Yud,tarungnews.com

 

 

Bagikan melalui:

Komentar