• Senin, 24 Juni 2024

4 UMKM Binaan BRI Ikuti ASEAN EXPO 2023 di Tiongkok

4 UMKM Binaan BRI Ikuti ASEAN EXPO 2023 di Tiongkok Menteri BUMN Erick Thohir terus menunjukkan komitmennya untuk memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menembus pasar global. Salah satu bentuknya dengan memberi kesempatan bagi UMKM untuk memamerkan produk unggulannya melalui kegiatan China ASEAN EXPO 2023 (CAEXPO) ke-20 di Nanning, Tiongkok. Humas BUMN

Tiongkok,TarungNews.com - Menteri BUMN Erick Thohir terus menunjukkan komitmennya untuk memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menembus pasar global. Salah satu bentuknya dengan memberi kesempatan bagi UMKM untuk memamerkan produk unggulannya melalui kegiatan China ASEAN EXPO 2023 (CAEXPO) ke-20 di Nanning, Tiongkok.

Kesempatan tersebut didapatkan empat UMKM binaan Rumah BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk asal Jakarta dan Bandung. Produk tersebut antara lain Kerajinan Kayu Golden Wood, Boneka Rajut Valerie Crochet, Pernak Pernik Fashion dari Semomondeezy, dan juga tas handmade Tulatali.

Kegiatan ini merupakan pameran hasil kesepakatan pada KTT China ASEAN ke-7 di bulan Oktober 2003 dalam kerangka kerja perdagangan ekonomi China-ASEAN Free Trade Area (CAFTA). Ini juga menjadi bentuk komitmen Indonesia untuk menjalin kerja sama perdagangan dan investasi dengan China dan negara ASEAN lainnya.

Erick Thohir melalui staf khususnya, Arya Sinulingga, menyebutkan bahwa keterlibatan UMKM dalam pasar global perlu ditingkatkan agar target ekspor tercapai.

“Pameran ini sekaligus menjadi wadah bagi UMKM untuk melakukan business matching dengan pengusaha dari berbagai negara di ASEAN, tentunya ini bisa membantu UMKM semakin melebarkan sayapnya di pasar global”, tambah Arya.

Secara keseluruhan, terdapat 18 booth UMKM yang berasal dari binaan beberapa BUMN yang mengikuti kegiatan China ASEAN EXPO 2023 di Nanning Internasional Conference and Exhibition. Sebanyak 563 jenis produk UMKM yang ditawarkan, mulai dari pakaian, kerajinan tangan, homedecor, dan produk kesehatan & kecantikan.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan bahwa kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan internasional ini sangat berharga terutama bagi UMKM binaan. Hal ini sejalan dengan komitmen BRI dalam mewujudkan UMKM naik kelas hingga pasar global.

“BRI hadir memberikan pelayanan dalam mendukung program pemerintah pada aspek permodalan bagi UMKM. Peranan UMKM dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sangat penting sehingga diharapkan dengan partisipasi UMKM binaan BRI di China ASEAN EXPO 2023 semakin membuka kesempatan bagi UMKM untuk mengekspor produknya,” ucapnya.

Pada pembukaan kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin, dan beberapa tamu kenegaraan lainnya. Harapannya kegiatan ini dapat membawa keberhasilan UMKM di panggung dunia dan mampu menjadi motor penggerak bagi perekonomian nasional.

Red,tarungnews.com

Bagikan melalui:

Komentar